Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 13:49 WIB

Kenapa Bandara Sukabumi Perlu Dibangun? Ini Kata Bappenas

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Kenapa Bandara Sukabumi Perlu Dibangun? Ini Kata Bappenas Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Pemerintah akan membangun bandara di Sukabumi, Jawa Barat. Rencananya, proses konstruksi dimulai pada 2019 dan berjalan selama setahun hingga rampung di 2020.

Lantas, kenapa perlu dibangun bandara di Sukabumi? Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pembangunan bandara di Sukabumi bisa menutupi kesenjangan yang terjadi di Jawa Barat bagian Selatan.

"Konsentrasi penduduk di daerah itu sangat besar dan itu untuk tutupi gap (kesenjangan) di Jawa Barat bagian Selatan," kata Bambang kepada detikFinance, Rabu (8/11/2017).

Bambang menambahkan, pemerintah juga mengajak pihak swasta terlibat membangun Bandara Sukabumi. Keterlibatan swasta ini juga di bawah koordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Silakan saja artinya kalau itu inisiatif swasta kan. Yang penting perhubungan memberikan clearence untuk lalu lintas udaranya," kata Bambang.


Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, pembebasan lahan akan dimulai tahun depan dan proses pembangunan dimulai 2019 dan ditargetkan rampung 2020.

"Feasibility study (kelayakan) sedang dijalankan, jadi pembebasan tanah sekaligus feasibility study. Jadi di bandara seperti ini, dilakukan bersamaan. (Bandara di Sukabumi) Pasti dibutuhkan," jelas Budi ditemui di Gedung Juang 45, Sukabumi, Selasa (7/11/2017).

Menurut Budi, pembangunan bandara akan segera ditetapkan dan pengadaannya akan dibantu oleh Pemda Sukabumi. Namun yang pasti, perlu lahan yang konturnya relatif datar.

"Saya akan diskusi dengan Bupati (Sukabumi) (soal lahan). Arahnya antara Sukabumi dan Pelabuhan Ratu. Nanti kita lihat mana yang paling bagus, karena bandara ini tidak boleh ada obstacle (penghalang), tidak boleh ada gunung, dan halangan-halangan. Harus persis di lokasi yang baik," tutur Budi. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed