Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 14:26 WIB

Ada Cat Anti Api di Pameran Infrastruktur, Berapa Harganya?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ada Cat Anti Api di Pameran Infrastruktur, Berapa Harganya? Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance
Jakarta - Hempel Indonesia hadir sebagai salah satu exhibitor atau pengisi pameran dalam gelaran Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 di JCC Senayan, Jakarta. Perusahaan yang induknya bermarkas di Denmark ini menawarkan cat yang mampu melindungi baja dari sentuhan api jika terjadi bencana kebakaran.

Hempel memiliki produk cat bernama hempacore. Dengan dilapisi cat ini, baja sebuah bangunan bisa bertahan dari panasnya api dengan suhu di bawah 550 derajat celcius.

Teknologi cat ini diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan baja bangunan akibat kebakaran. Dengan dilapisi cat anti api ini, baja bisa menahan panas hingga 550 derajat celcius.

"Hempacore itu cat ada memproteksi baja saat terjadi kebakaran supaya steel enggak collapse. Di bawah 500 derajat celcius masih bisa main sampai 550 derajat celcius bengkok langsung bajanya," kata Specification Manager Hempel Indonesia Ariyanto Salim saat berbincang dengan detikFinance di pameran IIW 2017 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Baja sebuah bangunan awalnya harus dilapisi cat anti karat yang juga disediakan oleh Hempel. Selanjutnya, baja dilapisi Hempacore yaitu cat anti api untuk melindungi baja berwarna putih. Jika diinginkan, baja bisa dilapisi lagi dengan cat warna lain.

Lapisan cat anti api bisa dimodifikasi daya tahannya terhadap panas api, yaitu mulai dari 30 menit sampai 2 jam. Daya tahan tersebut tergantung dari ketebalan lapisan cat.

Jika terjadi kebakaran, cat penahan panas Hempacore akan mengembang menahan agar lapisan baja tidak terkena panas api. Setelah kebakaran usai, maka lapisan cat harus diganti dengan yang baru.

"Cat mengembang, kalau mengembang remove cat baru lagi," tutur Ariyanto.

Ariyanto menambahkan, harga cat Hempacore yang mampu menahan panas api mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta per meter persegi tergantung ketebalan dan daya tahan yang diinginkan. Pasalnya, semakin lama daya tahan yang diinginkan, maka semakin tebal atau semakin banyak cat yang dibutuhkan.

"Harga catnya Hempacore Rp 1,5 juta per meter persegi sampai Rp 2,5 juta," ujar Arriyanto. (ara/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed