Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 15:36 WIB

Jokowi Resmikan Tol Soroja Akhir Bulan Ini

Mochamad Solehudin - detikFinance
Jokowi Resmikan Tol Soroja Akhir Bulan Ini Foto: Wisma Putra
Bandung - Pembangunan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) telah memasuki tahap akhir. Rencananya tol penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung ini diresmikan Presiden Joko Widodo akhir November 2017.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengungkapkan, berdasarkan laporan terakhir progres pembangunan Tol Soroja totalnya mencapai 98,88%. Dengan rincian pekerjaan struktur seksi 1 dan 2 sudah 100%.

Kemudian lean concrete seksi 1 dan 2 juga sudah selesai. Pemasangan rigrid pavement di seksi 1 mencapai 99,90%, seksi 2 99,35%. Terakhir pembangunan Gerbang tol telah mencapai 89,79% dan miscellaneous progresnya mencapai 79,86%.

Namun bila dilihat secara keseluruhan pembangunan Tol Soroja sudah selesai. Dia juga pada pekan depan bersama pihak berwenang lainya akan melakukan final cek secara umum untuk mengetahui kesiapan operasi jalan tol tersebut.

"Persiapan untuk pengoperasian Soroja. Saya diminta untuk meninjau langsung minggu depan untuk melakukan final cek secara umum. Diharapkan nanti (Tol Soroja) bisa diresmikan oleh Presiden Jokowi," kata Iwa, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (8/11/2017).

Di lokasi yang sama Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi Suarso selaku investor proyek menyatakan pihaknya segera menyurati Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) untuk menginformasikan pembangunan Tol Soroja telah selesai.

"Sudah beres secara konstruksi. Tapi sebelum uji laik fungsi dan laik operasi, kita harus mendapat rekomendasi dari BPJT (lebih dulu). Kami akan surati (BPJT) sekaligus menginformasikan bahwa kami sudah melakukan Provisional Handover (serahterima dari kontraktor kepada pemilik tol)," kata Bagus.

Dengan progres yang ada, pihaknya optimistis Tol Soroja akan bisa segera dioperasikan. Bahkan bila tidak ada kendala rencananya tol sepanjang 10,55 kilo meter ini bakal diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo akhir bulan ini.

"Presiden kemungkinan akan datang meresmikan langsung di akhir bulan ini. Kami sedang berkoordinasi dengan menteri dan protokoler Presiden. Kemungkinan datang lah, kan masuk ke dalam proyek strategis nasional," ucapnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed