Follow detikFinance
Selasa 14 Nov 2017, 18:29 WIB

Dari Kantor Pemkab Bandung Bisa Langsung Masuk Tol Soroja

Wisma Putra - detikFinance
Dari Kantor Pemkab Bandung Bisa Langsung Masuk Tol Soroja Foto: Wisma Putra
Bandung - Akses Tol Soreang Pasir Koja (Soroja) tersambung ke pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung. Progres pembangunan jalan tol ini sendiri hampir 100%.

"(Ujung) di titik terakhir (tol Soroja) langsung terhubung ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung, Soreang," kata Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa usai meninjau Tol Soroja, Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2017).

Pantauan detikFinance, dari lima Gerbang Tol (GT) Soroja, GT Soreang merupakan gerbang utama yang nantinya akan banyak dilalui pengguna tol. Akses jalannya berada di depan kompleks Pemkab Bandung. Jaraknya hanya sekitar 100-200 meter.

Selain menghubungkan ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung, gerbang tersebut juga akan banyak digunakan oleh warga yang akan berwisata ke kawasan wisata Ciwidey.

Iwa mengungkapkan progres pembangunan ruas tol nontrans Jawa ini sudah mencapai 98,88% dan sisanya 1,12% itu tinggal proses penyempurnaan.

"(Tinggal) marka jalan, PJU, pintu dan juga drainase. Secara keseluruhan struktur sudah selesai 100%," ujar Iwa didampingi Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar (CLMJ) Bagus Medi.

Sebelum tim pemerintah pusat turun dan diresmikan Presiden Joko Widodo, ia akan terus memantau langsung dan menyeluruh sehingga dapat membantu sepenuhnya program pemerintah pusat.

"Berdasarkan pemantauan, optimistis ini dapat selesai. Informasi terakhir mudah-mudahan akhir November ini selesai, sehingga Desember bisa dilakukan ujicoba dan operasional," kata Iwa.

Usai pembangunan ruas tol non trans Jawa ini, Pemprov Jabar akan memikirkan jalan terusan untuk mengoptimalkan kepentingan masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan sekitarnya.

Selain mudah menuju pusat pemerintahan Kabupaten Bandung dan akses menuju Ciwidey, adanya Tol Soroja bakal meningkatkan perekonomian warga setempat.

"Pembangunan Tol Soroja untuk kepentingan masyarakat yang lebih banyak, khususnya bagaimana Bandung Selatan akslerasinta lebih cepat dan lebih jauh lagi ke Jabar Selatan atau Cianjur Selatan," tutur Iwa.

Dirut PT CLMJ Bagus Medi menilai Tol Soroja memiliki keunikan tersendiri dibandingkan jalan tol lainnya.

"Kalau saya melihat, saya bukan membanggakan Tol Soroja, secara keindahan estetika (dikelilingi) gunung-gunung, banyak bukit," ucapnya.

Selain itu, jalan tol sepanjang 8,15 km ini dibangun di tanah bekas persawahan. "Pekerjaan (Tol Soroja) ini tidak ada pekerjaan cutting (memotong) bukit-bukit tidak ada, semua timbunan tiga juta kubik (tanah). Tidak ada liuk liuk, semua di timbun," ujar Bagus. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed