Follow detikFinance
Rabu 15 Nov 2017, 10:03 WIB

Tol Solo-Ngawi 90 Km Beroperasi Penuh Akhir Tahun Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tol Solo-Ngawi 90 Km Beroperasi Penuh Akhir Tahun Ini Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta - Jalan tol Solo-Ngawi sepanjang 90,27 km akan segera dioperasikan pada bulan Desember ini. Tol ini menjadi tol terpanjang yang diresmikan pengoperasiannya oleh Jokowi pada tahun ini. Sebelumnya Jokowi juga pernah meresmikan pengoperasian jalan tol dengan rute yang panjang pada Juni 2015 silam, yakni tol Cipali sepanjang 116,75 km.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, seperti dikutip Selasa (14/11/2017), tol ini rencananya akan diresmikan pada Desember 2017. Ruas yang akan dioperasikan adalah keempat seksi Solo-Ngawi, yakni dari Colomadu-Karanganyar, Solo-Mantingan dan Mantingan Ngawi.

Adapun progres keseluruhan tol Solo-Ngawi hingga awal November ini tercatat 89,12%. Di mana untuk seksi yang dibangun oleh pemerintah dari Colomadu hingga Karanganyar dan JBH Solo-Kertosono MYC saat ini progresnya sudah mencapai 98,21% atau lebih lambat 0,8% dari rencana.

Sementara untuk seksi yang dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), saat ini progres konstruksi secara keseluruhan mencapai 80,22% atau lebih lambat 9,43% dari rencana. Sedangkan untuk progres tanah, diketahui saat ini sudah bebas 96,68% dari total panjang 90,27 km.

Menuju pengoperasiannya di Desember 2017, saat ini pekerjaan yang sedang dilaksanakan di antaranya rigid pavement, lean concrete, penyelesaian overpass, underpass, jembatan sungai, gerbang tol dan pemasangan rambu-rambu. Nantinya kendaraan dapat melaju melewati tol ini dengan kecepatan 120 km/jam dengan lebar lajur 2x2x3,6 meter.

Tol Solo-Ngawi dioperatori oleh PT Solo Ngawi Jaya dengan PT Waskita Karya sebagai kontraktornya. Surat Izin Mulai Kerja (SIMK) tol ini dikeluarkan pada September 2015 dan pada mudik Lebaran lalu sempat dibuka untuk membantu kelancaran arus mudik 2017. (eds/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed