Follow detikFinance
Rabu 15 Nov 2017, 15:32 WIB

Pembangunan Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Segera Dimulai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Pembangunan Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Segera Dimulai Ilustrasi Pembangunan Bendungan (Foto: Pool/Kementerian PUPR)
Jakarta - Proses tender Bendungan Pamukkulu yang berlokasi di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan telah selesai menyusul telah ditetapkannya pemenang lelang dari pembangunan Bendungan senilai Rp 1 triliun tersebut.

Kepala Pusat Bendungan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Ni Made Sumiarsih mengatakan pembangunan bendungan tersebut terbagi atas dua paket, yang dikerjakan oleh Wijaya Karya, PT DMT dan PT Nindya Karya.

"Paket 1 dimenangkan Wika dan DMT, kerja sama operasi. Paket 2 dikerjalan Nindya Karya," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Paket 1 yang dikerjakan adalah bendungan utama, sedangkan pembangunan paket 2 terdiri dari bangunan fasilitas seperti saluran pengelak, jalan dan sebagainya. Adapun paket 1 nilainya Rp 852 miliar, sedangkan paket 2 nilainya Rp 811 miliar.

Adapun bendungan setinggi 65,5 meter ini dibangun untuk pengembangan sumber daya air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, di mana nantinya diharapkan dapat menampung volume sebanyak 82,57 juta m3 air, yang akan digunakan untuk irigasi 6.432 hektar, PLTA 2,5 MW dan air baku 165 liter/detik.

Masa konstruksi Bendungan ini direncanakan akan berlangsung hingga akhir tahun 2021.

Sebelumnya diketahui beberapa proyek bendungan lainnya juga dimenangkan oleh BUMN Indonesia. Seperti Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang dikerjakan oleh Wijaya Karya dengan nilai kontrak Rp 783 miliar.

Lalu ada Bendungan Sukoharjo di Kabupaten Pringsewu, Lampung yang dibangun oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk dengan nilai kontrak Rp 873 miliar. Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara oleh Hutama Karya dengan nilai kontrak Rp 844 miliar.

Kemudian ada Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) yang bekerjasama dengan PT SAC Nusantara akan menggararap paket konstruksi bendungan Ciawi sebesar Rp 798,7 miliar. Lalu ada bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat oleh PT PP dengan nilai kontrak Rp 867 miliar.

Bendungan lainnya juga ada Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat oleh PT Wijaya Karya dengan nilai kontrak Rp 1,3 triliun, Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dikerjakan Wijaya Karya dengan nilai kontrak Rp 436,9 miliar dan Bendungan Napunggete di Kabupaten Sikka Flores, Nusa Tenggara Timur yang dibangun oleh PT Nindya Karya dengan nilai kontrak Rp 849, 93 miliar. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed