Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Nov 2017 16:59 WIB

Tol Serang-Panimbang Mulai Operasi Bertahap di Awal 2019

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ilustarsi Jalan Tol (Foto: Muhammad Idris)
Jakarta - Tol Serang-Panimbang yang digarap oleh PT Wijaya Karya melalui anak usahanya PT Wijaya Karya Serang Panimbang segera dimulai konstruksinya pada Desember mendatang. Direktur Utama WSP, Entus Asnawi bilang, tol sepanjang 84 km ini akan dioperasikan secara bertahap, di mana operasi pertamanya direncanakan dimulai pada seksi I yang menyambungkan Serang dan Rangkas Bitung.

"Operasinya bertahap, di ruas yang pertama dulu, mungkin di awal 2019," katanya saat ditemui di WIKA Tower 2, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Sementara secara keseluruhan, tol yang menelan biaya investasi sebesar Rp 5,3 triliun ini (porsi WSP) diharapkan bisa beroperasi pada akhir 2019. Untuk itu, dia berharap porsi yang dikerjakan oleh pemerintah melalui skema availability payment (AP) bisa segera dirampungkan lelangnya agar pekerjaan konstruksi dengan yang dikerjakan oleh WSP bisa sama rampungnya.

"Operasi penuh 2019 akhir. Mudah-mudahan," ucapnya.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang yang dibangun oleh Wika melintasi empat Kabupaten/Kota, yaitu Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang dengan porsi sepanjang 50,7 km dari total panjang 83,7 km. Sedangkan sisanya sebesar 33 km akan dibiayai pemerintah melalui skema Availability Payment dalam rangka memenuhi kelayakan bisnis dari ruas tol ini.

WSP sendiri akan melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan dengan masa konsesi selama 40 tahun sejak penandatanganan SPMK. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com