Follow detikFinance
Jumat 17 Nov 2017, 17:40 WIB

Begini Cara Jasa Marga Cari Rp 100 T Kebut Pembangunan 600 Km Tol

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Begini Cara Jasa Marga Cari Rp 100 T Kebut Pembangunan 600 Km Tol Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat ini memiliki total konsesi tol secara keseluruhan sepanjang 1.260 km. Dari jumlah tersebut, saat ini yang baru beroperasi baru 600 km, sementara sisanya saat ini masih dikejar penyelesaiannya.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, setidaknya Perseroan membutuhkan dana lebih dari Rp 100 triliun untuk menggarap ruas-ruas tersebut. Dalam hal ini, Perseroan akan menggunakan 30% dari ekuitas dan 70% lewat pinjaman, mulai dari obligasi, sekuritisasi, hingga project bond.

"Sebagai korporasi, kami punya keterbatasan. Jadi enggak bisa utang lebih dari batasnya. Debt to equitynya batasnya lima kali. Tapi karena kami perusahaan terbuka, biasanya kalau sudah tiga kali saja investor sudah was-was. Sehingga harus ada inovasi financing baru. Makanya kita sekuritisasi tol, akhirnya yang dijual adalah pendapatan ke depan tanpa ada apapun garansi. Karena pendapatan sudah stabil, maka investor merasa aman untuk investasi," katanya saat ditemui di Kominfo, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Setelah sebelumnya melakukan sekuritisasi pada ruas Jagorawi, dan project bonds untuk ruas JORR W2 Utara, ke depan pihaknya akan mencari pendanaan lewat skema yang sama untuk ruas lainnya. Khusus untuk project bonds, setidaknya ada 4 ruas tol yang akan dijaminkan asetnya untuk mendapatkan pinjaman utang.

"Kita punya ruas tol yang sudah selesai itu yang mau kita lepas (project bonds-nya), ada W2, Bali Mandara, Surabaya-Mojokerto, dan Bogor Ring Road. Itu project bond. Jadi, obligasinya di level project," tutur Desi.

"Karena ini lebih murah jika dibandingkan kita pinjam ke bank dan fix ya. Jadi, yang W2 itu, kita punya tenor bervariasi, ada 3, 5, 7, 10 sampai 12 tahun. Jadi proyek tersebut akan mandiri, tidak perlu bantuan lagi dari holdingnya. Makanya, kita akan ulangi," sambungnya.

Adapun beberapa ruas tol yang akan dikebut oleh Jasa Marga saat ini di antaranya Tol Surabaya-Mojokerto, yang segera diresmikan tahun ini. Kemudian Solo-Ngawi, Ngawi-kertosono, JORR II? Pandaan-Malang, Semarang-Solo, Batang-Semarang, Balikpapan-Samarinda, Manado-Bitung, Pandaan-Malang, hingga Gempol-Pasuruan. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed