Follow detikFinance
Selasa 21 Nov 2017, 20:50 WIB

Naik Kereta dari Dukuh Atas ke Bandara Soekarno-Hatta 45 Menit

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Naik Kereta dari Dukuh Atas ke Bandara Soekarno-Hatta 45 Menit Foto: KAI
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menargetkan kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) beroperasi awal bulan depan. Tepatnya pada 1 atau 2 Desember 2017.

Kehadiran kereta bandara ini akan mempersingkat waktu tempuh menuju Bandara Soetta. Budi mencontohkan perjalanan dari stasiun Sudirman Baru di kawasan Dukuh Atas ke Bandara Soetta.

"Dari Dukuh Atas ke Bandara (Soekarno Hatta) kurang lebih 45 menit," ujar Budi Karya di Kementerian Perhubungan, Selasa (21/11/2017).


Sebelum beroperasi, kereta Bandara Soetta akan menjalani rangkaian uji coba selama seminggu. Proses uji coba ini akan dimulai Sabtu, (25/11/2017).

"Kereta bandara kita mulai uji coba tanggal 25, kita rencanakan uji coba selama satu minggu dan selama satu minggu itu kita praktis bisa selesai dengan baik," terang mantan Dirut PT Angkasa Pura II itu.


Jelang pengoperasin kereta Bandara Soetta, PT Railink sebagai operator menginformasikan jadwal perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dengan rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno-Hatta.

PT Railink telah siapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan.


Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di 5 Stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, pada awal operasional kami akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan ketiga Stasiun lainnya sedang tahap pembangunan (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed