Follow detikFinance
Sabtu 25 Nov 2017, 12:25 WIB

Menhub: Jalur KA Bandar Tinggi-Kuala Tanjung Operasi Maret 2018

Niken Widya Yunita - detikFinance
Menhub: Jalur KA Bandar Tinggi-Kuala Tanjung Operasi Maret 2018 Foto: Niken Widya Yunita/detikcom
Medan - Selain Pelabuhan Kuala Tanjung, jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, ditarget beroperasi pada Maret 2018. Menhub Budi Karya Sumadi memastikan hal itu.

"Kereta sama beroperasinya (dengan Pelabuhan Kuala Tanjung) pada Maret 2018," ujar Budi usai meninjau jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, Jumat malam (24/11/2017).

Menurut Budi, yang krusial dari pembangunan kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung yakni tanahnya milik PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Inalum dan PT Samudera Indonesia. Untuk Inalum direksinya sudah datang ke lokasi peninjauan.

Sedangkan tanahnya Samudera Indonesia, Budi berharap karena kepentingannya sama untuk kepentingan masyarakat, diharapkan mereka mau melepaskan tanahnya.

"Yang susah itu, kalau kita enggak ada koneksi ya gitu. Mestinya tanah selesai. Kalau konstruksi bisa diselesaikan, yang lain-lain konsinyasi," kata Budi.

Budi menambahkan, kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung untuk penumpang dan barang. Namun kereta tersebut penekanannya untuk barang.

Jalur kereta api tersebut akan mendukung konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei menuju Pelabuhan Kuala Tanjung. Hal ini agar dapat menarik investor berinvestasi di kawasan tersebut. Saat ini angkutan barang dari KEK Sei Mangkei harus melewati Pelabuhan Belawan sejauh 140 km dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.

Dengan adanya jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, maka angkutan barang tidak akan melewati Pelabuhan Belawan tetapi melewati Pelabuhan Kuala Tanjung dengan jarak tempuh menjadi 40 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Potensi minyak sawit mentah yang bisa diangkut lewat kereta api jalur Bandar Tinggi-Kuala Tanjung setiap tahun mencapai 1,97 juta ton dari produksi CPO Sumut sebesar 4,6 juta ton. (nwy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed