Follow detikFinance
Sabtu 25 Nov 2017, 12:37 WIB

4 Ruas Tol Batal Beroperasi Tahun Ini, Apa Saja?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
4 Ruas Tol Batal Beroperasi Tahun Ini, Apa Saja? Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Pengoperasian 4 ruas tol yang ditarget tahun ini harus ditunda. Keempat ruas tol itu adalah tol Depok-Antasari seksi I (Antasari-Brigif 6,8 km), Pejagan-Pemalang seksi III dan IV (Brebes Timur-Pemalang 37,3 km), Ciawi-Sukabumi seksi I (Ciawi-Cigombong segmen Ciawi-Caringin 7,3 km) dan Cinere-Jagorawi seksi II (Raya Bogor-Kukusan 5,5 km).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan kendala pengadaan lahan dan intensitas hujan yang cukup tinggi tahun ini membuat realisasi pekerjaan di lapangan tak bisa mencapai targetnya.

"Utamanya tanah tadi memang belum utuh. Bekerja sambil jalan. Seperti di Manado, sudah kerja sampai ujung, tanahnya mentok yang ke sebelah. Karena yang punya tidak mau. Disewa juga enggak mau. Kalau dia mau sewa, pasti disewa. Itu yang agak repot," katanya saat ditemui di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (24/11/2017).

"Misalnya Pejagan-Pemalang, seksi 3 dan 4. Kalau dilihat di lapangan, seksi 3 nya masih oke. Seksi 4 kalau dilihat timbunannya masih butuh lebih. Nah kita kan rasional, mana musim hujan begini. Agak sulit dia untuk seksi 4 nya," tambah Herry.

Demikian juga untuk Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi. Padahal progres seksi I Tol Bocimi yang sampai ke Cigombong saat ini sudah mencapai 70%.

"Tapi saya ingin itu untuk mainroadnya sampai ujung. Kalaupun ada masalah nanti kita lihat," ungkapnya.

Untuk itu beberapa ruas yang sebelumnya direncanakan akan beroperasi pada Desember 2017, akan mengalami keterlambatan penyelesaian konstruksi karena pembebasan lahan tadi, sehingga diharapkan dapat dioperasikan pada Triwulan I tahun depan.

Sementara ruas-ruas yang akan beroperasi hingga akhir tahun nanti menyisakan Seksi lB, ll, lll (Sepanjang-SS Krian) 15,4 km dari ruas Surabaya-Mojokerto, Soreang-Pasirkoja 8,1 km, Solo-Ngawi (SS Solo-Widodaren) 53,7 km, Ngawi-Kertosono Seksi I-lll (SS Ngawi-Wilangan) 56,5 km dan Bakauheni-Terbanggi Besar 13,9 km (Paket 1 Segmen Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni dan Paket 2 Segmen SS Lematang-SS Kotabaru). (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed