Follow detikFinance
Rabu 29 Nov 2017, 11:32 WIB

Genjot Infrastruktur, Jokowi: Peluang Bisnis ada Di Daerah

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Genjot Infrastruktur, Jokowi: Peluang Bisnis ada Di Daerah Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kondisi perekonomian RI terus mengalami perbaikan. Oleh sebab itu langkah pemerintah selanjutnya ialah menggenjot peluang ekonomi di daerah hingga menggenjot ekonomi di sektor pariwisata dan teknologi.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam acara diskusi dengam 100 CEO Forum yang bertema Kebijakan Makro 2018 untuk menjaga pertumbuhan berkualitas, di Hotel Rafles Jalan Prof Dr, Satrio Kav 3-5 Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

"Sekarang momentum ekonomi kita sudah membaik, lalu apa langkah kita berikutnya? Hitungannya memang kompleks namun pada dasarnya kesimpulan saya satu, bahwa peluang bisnis pertama ada di daerah," kata Jokowi.

Selain menggenjot peluang bisnis di daerah, kata Jokowi, sektor pariwisata hingga gaya hidup juga dinilai menjadi potensi ekonomi untuk Indonesia. Pasalnya, sektor-sektor itu tengah berkembang.

"Kedua ada di sektor pariwisata dan lifestyle, ini perkembangan. Pertama karena berkaitan dengan infrastruktur banyak yang sudah jadi, kecuali berkaitan teknologi, ketiga karena memang globalisasi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa sejumlah pembangunan infrastruktur yang membuat potensi ekonomi di daerah bisa berkembang.

"Kalau bicara peluang bisnis di daerah, ini banyak yang luar biasa. Sudah berpuluh tahun kita bicara potensi daerah. Apa yang berbeda? Yang beda adalah infrastruktur. Infrastruktur di daerah semakin mudah dijangkau bedanya di sini," kata Jokowi.

"Contoh Bandara Labuan Bajo, sudah bisa direct Jakarta nonstop. Dua minggu lalu bandara yang sudah puluhan tahun yang tidak pernah dipakai, kita perbaiki lalu diresmikan, Bandara Silangit jadi bandara internasional dan Garuda sudah direct ke Silangit dan sebentar lagi bandara di Belitung jadi internasional. Ini adalah manfaat infrastruktur yang juga bisa kta rasakan," sambungnya.

Selain itu, kata Jokowi, pembangunan infrastruktur di bidang teknologi seperti jaringan palapa ring juga menjadi pendorong potensi ekonomi, khususnya di sektor pariwisata hingga gaya hidup.

"Lalu pembangunan jaringan kabel palapa ring. Jadi semakin banyak wilayah pelosok yang bisa dicakup di tanah air baik sinyal 3G maupun 4G. Ini penting karena sekarang orang yang paling penting selfie, wifi lalu diupload di instagram, twitter, sosmed. Ini peluang bisnis khususnya di pariwisata dan lifestyle yaitu ekonomi digital," katanya.

"Kita masuk ekonomi digital, sekarang sudah bukan lagi barang mewah atau bermerek, yang menentukan status, yang buat bergengsi adalah pengalaman, petualangan, kenang-kenangan yang diupload. Digitalisisai juga menyebabkan pergeseran pola konsumsi. Dari belanja barang ke pengalaman, ke hiburan, ke pariwisata," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed