Follow detikFinance
Sabtu 02 Dec 2017, 11:01 WIB

Masyarakat Mau Beralih Naik Kereta ke Bandara Soekarno-Hatta?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Masyarakat Mau Beralih Naik Kereta ke Bandara Soekarno-Hatta? Foto: KAI
Sabang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku yakin masyarakat akan beralih menggunakan transportasi Kereta Api (KA) Bandara untuk menuju ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) jika nanti transportasi berbasis rel tersebut telah beroperasi.

Dengan waktu kedatangan kereta atau headway yang akan meningkat ke angka 15 menit sekali, dia yakin 30% masyarakat yang menuju ke Bandara Soetta akan beralih menggunakan KA Bandara.

"Kalau dalam kalkulasi, pada saat nanti headway-nya mencapai 15 menit, itu perkiraannya 30% dari passenger yang ke Soetta itu pindah ke kereta," katanya kepada detikFinance saat ditemui di Sabang, Aceh, Jumat (1/12/2017).

Saat ini waktu tunggu KA Bandara Soetta sendiri baru datang 30 menit sekali. Headway yang meningkat menjadi 15 menit sekali itu kemungkinan bisa terlaksana pasca 6 hingga 12 bulan kereta beroperasi.

"Headway 15 menit mungkin dalam waktu 6 bulan sampai 1 tahun. Sekarang masih 30 menit," ucapnya.

Selain itu, meski dengan harga tiket yang mencapai Rp 100 ribu, Budi yakin masyarakat bisa memaklumi angka tersebut. Investasi yang dilakukan oleh PT Railink selaku operator terbilang cukup besar, mencapai Rp 5 triliun. Investasi ini juga dilakukan sepenuhnya oleh Railink, bahkan hingga ke pengadaan lahan.

"Artinya dia (masyarakat) harus membayar return dari investasi ini. Railink juga melakukan suatu pengamatan kepada daya beli masyarakat, berapa yang pantas. Kita bandingkan kalau naik taksi ke bandara, mungkin bisa Rp 200-250 ribu. Jadi ini lebih murah dan waktunya lebih pendek. Jadi saya pikir, satu angka yang cukup reasonable, apa lagi Jakarta cukup macet khususnya sore dan pagi. Harapan kita bisa diterima karena investasi yang dilakukan oleh PT Railink sendiri juga cukup banyak," pungkasnya. (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed