Rel LRT Jakarta Sudah Mulai Dipasang

Fadhly F Rachman - detikFinance
Senin, 04 Des 2017 15:24 WIB
Foto: dok. Jakpro
Jakarta - Proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang menyambungkan Kelapa Gading dan Velodrome sepanjang 5,8 km masih terus dikerjakan. Saat ini, beberapa jalur layang kereta juga sudah mulai dipasangi rel.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Satya Heragandhi, pihaknya mempercepat proses pemasangan rel yang saat ini mulai dilakukan. Sebelumnya pemasangan rel rencananya dilakukan pada Januari 2017.

"Kita sudah mulai pasang rel, tadinya rel itu baru kita jadwalkan masang baru Januari-Febuari," kata Satya kepada detikFinance, Jakarta, Senin (4/12/2017).

Percepatan itu dilakukan, karena Semua Rel (dari Rusia) sudah tiba di lapangan, track sudah mulai dipasang di jalur layang. Pekerjaan dinding parapet juga sudah dimulai dan sedang berlangsung.

"Karena barangnya sudah datang, lalu konstruksinya juga selesai jadi relnya sudah mulai kita pasang. Itu kan percepatan yang siginifikan," terang Satya.

Adapun langkah ini dilakukan sebagai upaya agar LRT Jakarta fase 1 Koridor 1 Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun ditargetkan siap beroperasi pada sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. Satya menargetkan bahwa pengoperasian LRT dipercepat bulan Juli 2018, sesuai dengan permintaan Pemprov DKI.

"Target operasional kan (awalnya) Agustus, lalu Pak Sandi (Wagub DKI) menginginkan ada percepatan di Juli target operasional. Sekarang yang kami jadikan target operasional itu Juli 2018," katanya. (dna/dna)