Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 05 Des 2017 09:50 WIB

Sudah Dibuka Jokowi, Masuk Tol Soroja Hanya Bisa Lewat GT Soreang

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Jakarta - Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang kemarin belum bisa dipakai secara penuh oleh warga. Dari lima Gerbang Tol (GT) atau akses keluar dan masuk yang dimiliki tol ini, masyarakat baru bisa masuk dari satu GT saja, yakni GT Soreang di Kabupaten Bandung.

"Sudah dibuka kok. Tapi cuma dari Soreang saja. Kalau gerbang yang lain memang belum bisa. Jadi masuk dari Soreang, keluarnya bisa di mana saja. Tapi masuknya enggak bisa di GT yang lain," kata Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi Suarso kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Bagus mengatakan, saat ini pihaknya masih perlu melakukan sinkronisasi pembayaran dengan 3 ruas tol lainnya yang akan terintegrasi dengan tol Soroja. Yakni Tol Cipali, Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Purbaleunyi.



"Gerbang Tol yang lain kita memang masih tunggu. Karena kita kan ada gabungan dengan tiga ruas tol lain. Mereka itu enggak gratis. Jadi misalnya tol ini, begitu masuk dari Cirebon, mau ke Soreang, kita cuma sekali tap, bayarnya di Soreang," ujarnya.

Tol Soroja saat ini masih bisa dilalui oleh masyarakat tanpa tarif alias gratis. Tol ini diperkirakan baru bisa dilalui secara penuh sampai proses integrasi pembayaran selesai.

"Beberapa hari inilah kita akan pastikan. Sekarang lagi diskusi sama Jasa Marga. Mohon ditunggu sebentar. Saya berharap seminggu dua minggu ini gratisnya. Nanti begitu pembayarannya sudah bisa, itu sudah selesai gratisnya," tandasnya. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com