Follow detikFinance
Selasa 05 Dec 2017, 21:38 WIB

Pinjaman Dana Kereta Cepat JKT-BDG Cair Sebelum 15 Desember

Fadhly F Rachman - detikFinance
Pinjaman Dana Kereta Cepat JKT-BDG Cair Sebelum 15 Desember Foto: Ari Saputra
Jakarta - Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung masih terus dikerjakan. Proyek itu pun sempat disindir oleh Politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, yang menyebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan sebutan 'Kecebong' alias Kereta Cepat Bohongan.

Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengatakan bahwa saat ini progres dari proyek tersebut masih terus berlanjut. Saat ini, pembangunan sejumlah terowongan yang akan dilewati oleh kereta cepat sedang dikerjakan.

"Ada beberapa, tiga tunnel yang sudah mulai dibangun karena total kereta cepat itu 13 tunnel. Jadi tunnel itu yang paling sulit di Walini itu sudah dimulai, sama beberapa ada 3 kalo enggak salah sudah dimulai, itu di Bandung barat," katanya ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Selasa (5/11/2017).

Rini pun mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu proses pencairan pinjaman dari China. Dirinya memperkirakan bahwa pinjaman bisa cair sebelum tanggal 15 Desember ini. Proyek ini sendiri menelan dana hingga US$ 5,9 miliar. Pembiayaan didapat lewat pinjaman dari China Development Bank (CDB).

"Rencananya karena kita kan kalau mencairkan, kalau betul-betul belum kita manfaatkan full kan sayang ngapain bayar bunga. Kalau enggak salah ditargetkannya sebelum tanggal 15 Desember karena penggunaannya sudah mulai dibutuhkan. Tapi saya enggak tahu detailnya," pungkasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed