Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 07:47 WIB

Siap-siap! Besok Tarif 9 Ruas Tol Naik Serentak

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Siap-siap! Besok Tarif 9 Ruas Tol Naik Serentak Foto: Basith Subastian
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akhirnya menyetujui kenaikan atau penyesuaian tarif sembilan ruas tol yang sudah dievaluasi standar pelayanan minimum (SPM) nya. Setelah sempat molor sekitar satu bulan dari jadwal seharusnya, sembilan ruas tol itu akhirnya dipastikan akan naik serentak per hari Jumat, tanggal 8 Desember 2017 mendatang.

Kesembilan ruas tol tersebut diketahui terakhir kali mengalami penyesuaian tarif sejak dua tahun yang lalu atau 1 November 2015. Pemberlakuan penyesuaian tarif tahun ini sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan yang memperbolehkan adanya usulan penyesuaian tarif setiap 2 tahun sekali sesuai dengan isi perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang sudah ditandatangani.

Jika dibandingkan dengan penerapan dua tahun yang lalu, kenaikan tarif tol tahun ini tercatat lebih terdistribusi waktunya alias tak semua tol yang harus alami penyesuaian tahun ini naik serentak.

Masih ada 6 ruas tol lagi yang harusnya mengalami penyesuaian tarif di waktu yang sama, namun terpaksa mundur lantaran dari hasil evaluasi SPM dinyatakan masih ada yang kurang.

Berikut fakta lengkap kenaikan tarif tol per Jumat, 8 Desember 2017 besok:

(eds/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed