Follow detikFinance
Senin, 11 Des 2017 08:18 WIB

LRT Palembang Beroperasi Juni 2018, 5 Stasiun Siap Digunakan

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Progres pembangunan Light Rain Transit (LRT) Palembang telah memcapai 76 persen dan siap beroperasi pada Juni 2018 mendatang/ Foto: Raja Adil/ Detikcome Foto: Progres pembangunan Light Rain Transit (LRT) Palembang telah memcapai 76 persen dan siap beroperasi pada Juni 2018 mendatang/ Foto: Raja Adil/ Detikcome
Palembang - Progres pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang telah mencapai 76% dan siap beroperasi pada Juni 2018 mendatang. Namun, hanya akan ada 5 dari 13 stasiun yang siap untuk beroperasi dan melayani penumpang.

Meskipun demikian, saat meninjau progres pembangunan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap seluruh stasiun tetap dapat beroperasi secara bersamaan. Sehingga langsung dapat memberikan pelayanan secara maksimal pada masyarakat Sumatera Selatan.

"Harapan kita 13 stasiun ini akan beroperasi secara bersamaan semua. Tapi nanti kita lihat dulu seperti apa pada bulan Juni, apakah bisa langsung beroperasi atau tidak," kata Menhub Budi Karya saat meninjau progres pembangunan LRT Palembang Zona I, Minggu malam (10/12/2017).


Menurut Menhub, saat ini progres pembangunan LRT Palembang secara keseluruhan telah mencapai 76% dan untuk pemasangan steelbox girder telah mencapai 100%. Sedangkan untuk rel kereta sendiri, pengerjaan telah mencapai 50% dari total keseluruhan sekitar 47 KM.

Saat beroperasi, Kemenhub dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku pihak pengelola juga akan melakukan pengkajian untuk menetapkan tarif penumpang. Dimana sampai saat ini Menhub baru memperkirakan tarif berkisar Rp 5.000 dan tarif ini telah disubsidi oleh pemerintah.


Sementara itu, Direktur Operasional PT Waskita Karya Adi Wibowo mengatakan, bahwa saat pelaksanaan Asian Games mendatang hanya akan ada 5 dari 13 stasiun yang beroperasi. Hal ini dikarenakan 8 stasiun lagi masih dalam pengerjaan dan dipastikan tidak selesai saat pesta olahraga tingkat Asia mendatang.

"Ada 3 stasiun yang akan bisa digunakan untuk uji coba pada Maret mendatang. Kemudian hanya ada 5 dari 13 stasiun yang bisa beroperasi saat Asian Games dan sisanya baru akan bisa kita kerjakan setelah selesai event untuk bisa digunakan keseluruhannya," kata Adi.

Adapun 5 stasiun yang akan beroperasi perdana dan saat Asian Games yakni, stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, stasiun Palembang Icon Mal, stasiun Pasar Cinde, stasiun stadion Jakabaring dan stasiun OPI Mal. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed