Perintah Jokowi: Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Selesai 2020

Syahdan Alamsyah - detikFinance
Jumat, 15 Des 2017 12:25 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Groundbreaking Jalur Ganda Rel KA Bogor-Sukabumi. Proyek ini ditargetkan selesai pada 2020 mendatang.

"Urusan dengan kereta api, diperintahkan agar jalur ganda ini segera dimulai, hari ini kita mulai kita harapkan Bogor-Sukabumi ini akan selesai 2020," ujar Jokowi dalam sambutannya di Sukabumi, Jumat (15/12/2017).

Jokowi sempat meminta, proyek tersebut selesai pada 2019 mendatang, namun sulit direalisasikan sehingga paling cepat bisa selesai di 2020.

"Saya tawar 2019 enggak mau, berat pak, 2020. Oke 2020 tapi rampung betul. Artinya kalau sekarang nanti 3, 6 bisa lebih dari itu, Sekarang ngangkut orang 3.000 nanti bisa 11.000," jelasnya.


Hadir dalam acara ini adalah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Walikota Sukabumi M Muraz.

Jokowi menyampaikan, biaya pembangunan mencapai Rp 2 triliun yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pembiayaan ini kurang lebih Rp 2 triliun. Sudah dihitung, masalah biaya masalah anggaran. APBN, kalau ada investor yang kira tertarik kenapa tidak. Yang paling penting segera bisa dikerjakan," terangnya.


Adanya transportasi massal itu dipastikan Jokowi mampu untuk mengurangi kemacetan. Jokowi menyebut sekarang dibutuhkan waktu selama 6 jam dari Bogor ke Sukabumi.

"Ini bisa mengurangi kemacetan yang ada di jalan raya. Saya sudah mendapatkan keluhan berapa kali dari gubernur dan masyarakat," tegas Jokowi. (mkj/hns)