Follow detikFinance
Jumat 15 Dec 2017, 15:03 WIB

Jokowi: Waduk Ciawi-Sukamahi Kurangi Banjir Jakarta 30%

Syahdan Alamsyah, Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Jokowi: Waduk Ciawi-Sukamahi Kurangi Banjir Jakarta 30% Foto: Syahdan Alamsyah
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan waduk Ciawi dan Sukamahi. Jokowi menyebut, proyek tersebut bisa berkontribusi mengurangi banjir Jakarta.

Dikatakan Jokowi, saat ini, waduk tersebut masuk dalam tahap pembebasan lahan dan sudah mencapai 22%. Ditargetkan keduanya bisa rampung pertengahan 2019.

"Ini kan kita ingin juga menyelesaikan masalah banjir yang ada di Jakarta kita bekerja ini di hulunya. Jadi yang mau kita kerjakan ini Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi," kata Jokowi saat meninjau proyek waduk Sukamahi dan Ciawi, Ciawi, Jumat (15/12/2017).

Lebih lanjut dia mengatakan, waduk ini akan berkontribusi mengurangi banjir di Jakarta.

"Dengan adanya dua waduk ini akan ada pengurangan jumlah air yang masuk ke Jakarta sebanyak 30% itu artinya mengurangi banjir di Jakarta sebanyak 30%," ujar Jokowi

"Oleh sebab itu hulu dan hilirnya semua dikerjakan. Hulunya sudah untuk Waduk Sukamahi dan waduk Ciawi nah di hilirnya sendiri di Jakarta Kementerian PU akan mengerjakan Kali Ciliwung. Itu akan terus dikerjakan dan kita harapkan ke pemerintah provinsi ini mengerjakan perbaikan drainase," jelas dia.

Jokowi menjelaskan, pengerjaan di hilir perlu dilakukan sampai ke kampung kampung dan sungai sungai kecil, di Jakarta. Caranya dengan membersihkan semua saluran dan melakukan pemeliharaan waduk-waduk di Jakarta harus dikerjakan.

"Plus kalau bisa, tambah waduk-waduk. Itu saja (Waduk Sukamahi dan Ciawi) itu sudah akan sangat mengurangi sekali," ungkap dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed