Follow detikFinance
Jumat, 15 Des 2017 16:01 WIB

Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Janji Jokowi Atasi Banjir Jakarta

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dok Kementerian PUPR Foto: Dok Kementerian PUPR
Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah membangun dua buah bendungan yakni Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang keduanya berada di Kabupaten Bogor.

Dua bendungan ini punya fungsi mengendalikan debit air dari Bogor yang mengalir ke Jakarta sehingga bisa mengurangi potensi banjir yang ada di Ibu Kota.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan yang telah direncanakan sejak tahun 2005 ini merupakan janji Jokowi untuk menanggulangi banjir Jakarta.

"Ini janji Pak Jokowi juga. Beliau ingin buktikan janjinya dulu," kata dia usai mendampingi Jokowi meninjau Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Bogor, Jumat (15/12/2017).

Ide pembangunan dua bendungan ini sebenarnya sudah ada tahun 2005 berdasarkan kesimpulan salah satu kajian yang menyebut, penyelesaian banjir Jakarta salah satunya adalah dengan mengendalikan debit air dari Bogor.

Saat itu, sebenarnya dana pembebasan lahan sudah akan diserahkan oleh Jokowi yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ke pemda setempat yang wilayahnya menjadi lokasi pembangunan bendungan.

"Tapi waktu itu pak Jokowi batal transfer karena pemdanya tersangkut masalah hukum," jelas Basuki.

Rencana itu baru dilanjutkan pada akhir tahun 2016 ditandai dengan penandatanganan kontrak pembangunan proyek tersebut dengan pelaksana pembangunan adalah Kerja Sama Operasi Abipraya-Sacna dan Kerja Sama Operasi Wijaya-Basuko.

Basuki menjelaskan, dilanjutkannya proyek ini setelah Jokowi menjadi presiden, adalah karena penanganan banjir ini butuh kebijakan lintas wilayah. Mengingat lokasinya ada di Kabupaten Bogor, namun yang menerima manfaatnya adalah Jakarta.

"Kalau sudah jadi Presiden, kendalikan banjir akan jadi lebih mudah. Ini anggarannya pakai APBN bukan pemda Bogor. Karena ini lintas wilayah," tandas Basuki.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed