Follow detikFinance
Minggu 17 Dec 2017, 20:15 WIB

Menteri Basuki: Tol Bawen-Yogyakarta Paling Cepat Dibangun 2019

Usman Hadi - detikFinance
Menteri Basuki: Tol Bawen-Yogyakarta Paling Cepat Dibangun 2019 Foto: Dok Kementerian PUPR
Sleman - Pemerintah berencana membangun Tol Bawen-Yogyakarta. Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih melakukan survei jalur tol.

Lalu, kapan Tol Bawen-Yogya mulai dibangun?

"Paling cepat (pembangunan Tol Bawen-Yogya) 2019," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono kepada wartawan di sela-sela Nitilaku Perguruan Kebangsaan 2017 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Minggu (17/12/2017).

Menurut Basuki, saat ini pihaknya masih melakukan survei untuk menentukan jalur yang memungkinkan dilalui Tol Bawen-Yogya. Dia berharap survei ini lekas rampung.

"Mudah-mudahan satu tahun besok ini sudah ada suratnya, ada penetapan Gubernurnya," harapnya.

Bila sudah ada penetapan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X terkait lokasi proyek tol, baru pihaknya akan mendesain bentuk tol. Setelahnya akan ada proses pembebasan lahan.

Namun Basuki belum bisa memastikan seperti apa desain Tol Bawen-Yogya saat memasuki wilayah Yogyakarta. Sementara selama ini diketahui Sri Sultan HB X menginginkan tol elevated (melayang).

"Tidak tahu (melayang atau tidak), makanya kita lihat. Karena kalau melayang itu (biayanya) mahal," pungkas Basuki. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed