Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Des 2017 15:45 WIB

Bagaimana Kesiapan Jalan Nasional Dukung Mudik Natal dan Tahun Baru?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan infrastruktur, khususnya Jalan Nasional untuk mendukung kelancaran Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Sekretaris Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Soebagiono, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan untuk mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita udah koordinasi dengan Kepolisian, Pemda (pemerintah daerah), Dinas Perhubungan untuk mendukung kelancaran," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Adapun, sejumlah Jalan Nasional yang dipastikan siap mendukung libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, antaranya, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Untuk Jalan Nasional di wilayah Jawa, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Hampir seluruh Jalan Nasional di Pulau Jawa siap mendukung Libur Natal dan Tahun Baru.

Selanjutnya, Jalan Nasional di Bali, NTB dan NTT juga dipastikan siap. Sementara di Sulawesi yang sudah siap adalah Sulawesi Utara. Untuk di Maluku, Jalan Nasional yang siap, antara lain Maluku dan Maluku Utara. Untuk di Papua, kata dia infrastruktur jalannya juga sudah siap. Hanya saja intensitas kendaraannya belum padat.

Lanjutnya, pihaknya telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk memerhatikan daerah rawan bencana dan tanah longsor. Sebab hal itu bakal mengganggu kelancaran arus lalu lintas di musim libur mendatang.

"Sehingga kalau terjadi apa-apa maksimal 6 jam peralatan sudah sampe, sehingga mudah-mudahan dalam rangka hadapi Natal dan Tahun Baru bisa berjalan baik. Kita tak hanya di lintas provinsi," jelasnya.

Soebagiono menambahkan, untuk di daerah rawan kecelakaan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh pihak memperkuat pengamanan dan rambu-rambu lalu lintas. Lubang-lubang di jalan juga sudah dibenahi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed