Follow detikFinance
Sabtu, 23 Des 2017 12:51 WIB

Mau Lewat Tol Soroja? Lihat Dulu Daftar Tarifnya di Sini

Wisma Putra - detikFinance
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Bandung - Tol Soreang-Pasir Koja telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin (4/12/2017). Dua minggu setelah diresmikan, tarif Tol Soreja dirilis pihak pengelola, PT Citra Marga Lintas Jabar.

"Setelah dua pekan berlalu, akhirnya tarif untuk Tol Soroja pun sudah mulai diberlakukan pada Hari Sabtu, 23 Desember 2017 Pukul 06.00 WIB," kata Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar (CLMJ) Bagus Medi Suarso melalui keterangan tertulis kepada detikcom, Sabtu (23/12/2017).

Bagus menerangkan, tarif yang diberlakukan pun telah diatur oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, melalui keputusan Menteri PUPR nomor: 1010/KPTS/M/2017 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Sorija Tanggal 8 Desember 2017 lalu.

Tol SorojaTol Soroja Foto: Wisma Putra

"Seluruh Gerbang Tol (GT) yaitu Soreang, Margaasih Barat, Margaasih Timur, termasuk juga Kutawaringin Barat, dan Kutawaringin Timur pun sudah dapat digunakan oleh masyarakat," terang Bagus.

Menurut Bagus, dengan dibukanya GT Kutawaringin Barat dan Kutawaringin Timur tentunya menjadi keuntungan bagi warga sekitar gerbang, seperti Katapang, Cipedung, Muara, dan lainnya.

Selain itu, hal ini juga menjadi keuntungan bagi masyarakat Bandung yang gemar menonton pertandingan sepak bola karena gerbang Kutawaringin merupakan akses untuk menuju stadion Si Jalak Harupat.

Tol SorojaTol Soroja Foto: Wisma Putra


"Dengan telah dioperasikannya gerbang Kutawaringin ini, maka masyarakat yang ingin berkunjung ke stadion Si Jalak Harupat tidak membutuhkan waktu yang lama lagi karena harus bermacet macetan di jalan arteri," jelasnya.

Ia menambahkan, setelah diresmikan, memang Tol Soroja belum sepenuhnya beroperasi, hanya Gerbang Tol Soreang, Margaasih Barat, dan Margaasih Timur yang sudah dioperasikan. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya kendala sistem integrasi jalan tol.

"Saat ini kendala tersebut sudah dapat diatasi dan masyarakat dapat menikmati Tol Soroja sepenuhnya," pungkasnya.

Berikut rincian tarif Tol Soroja:

Golongan I : Rp 7.000
Golongan II : Rp 10.500
Golongan III : Rp 14.000
Golongan IV : Rp 17.500
Golongan V : Rp 21.500 (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed