Follow detikFinance
Senin, 25 Des 2017 09:58 WIB

Menyambung Indonesia, Jokowi Bangun Tol Laut

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Halaman 1 dari 6
Jakarta - Konektivitas menjadi poin penting dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Untuk meningkatkan konektivitas, pemerintahan Jokowi-JK membangun tol laut. Tol laut merupakan konektivitas angkutan laut yang efektif secara terjadwal melayani kapal dari Barat ke Timur Indonesia.

Dalam perjalanannya program tol laut yang dimulai sejak 2015 hingga 2017 memiliki 13 rute. Rute-rute tersebut menyinggahi sebanyak 41 pelabuhan singgah di Indonesia, di mana 7 rute di antaranya ditugaskan ke Pelni dan 6 lainnya ke swasta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhuh) telah menganggarkan dana Rp 380 miliar untuk program tol laut pada tahun anggaran 2017. Dana tersebut di antaranya Rp 220 miliar untuk membiayai enam trayek yang dioperasikan Pelni, sedangkan Rp 160 miliar untuk membiayai lima trayek baru.

Kehadiran tol laut juga bisa memfasilitasi para pelaku UMKM di timur Indonesia untuk memasarkan produknya ke wilayah barat. Sehingga kapal yang tadinya mengirim bahan pangan dari barat ke timur, bisa terisi lagi saat kembali ke barat.

detikFinance merangkum berbagai fakta-fakta seputar tol laut besutan Jokowi :

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed