Follow detikFinance
Kamis, 28 Des 2017 14:01 WIB

Ke Bandung, Jokowi Pastikan Tol Bocimi Seksi I Rampung 2019

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR Foto: Dok. Kementerian PUPR
Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang sempat mangkrak akibat pergantian investor. Padahal, proyek tol Bocimi mulai digarap sejak 1996 lalu, hingga sempat gonta-ganti investor.

"Jalan tol harusnya sudah dibangun tahun 1996, tapi 4 kali gonta-ganti investor. Sehingga tahun lalu saya putuskan agar diambil alih BUMN. Insya Allah tahun depan selesai," kata Jokowi dalam pidatonya saat menghadiri HUT AMS ke 51 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Kamis (28/12/2017).

Presiden Jokowi di HUT AMS ke-51Presiden Jokowi di HUT AMS ke-51 Foto: Dok. Humas Pemkot Bandung



Jokowi juga menyoroti terkait pembangunan kereta double track dari Bogor menuju Sukabumi. Menurut dia, pembangunan kereta double track ini akan memudahkan mobilitas penumpang maupun kereta barang.

"Saya merasakan bagaimana macetnya perjalanan dari Bogor ke Sukabumi waktu itu tanpa pengawalan. Adanya Tol Bocimi dan Kereta Double Track ini akan terintegrasi nantinya semua," ungkap dia.


Presiden Jokowi di HUT AMS ke-51Presiden Jokowi di HUT AMS ke-51 Foto: Dok. Humas Pemkot Bandung

Tidak hanya memprioritaskan transportasi darat, Jokowi juga menyebut akan membangun bandara di Sukabumi tahun depan. Ia sudah memerintahkan pihak terkait untuk mencari lahan yang bisa digunakan sebagai pembangunan bandara.

"Saya putuskan tahun depan airport mulai dibangun di Sukabumi. Di sebelah mana jangan tanya saya, takutnya saya kasih tau harga tanah dinaikin (warga). Nanti saja tau-tau groundbreaking setelah urusan tanah selesai," kata Jokowi.


Seperti diketahui, pemerintah sedang mengebut pengerjaan proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepanjang 54 km. Tahap awal, pengerjaan proyek Jalan Tol Bocimi seksi I dari Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km, yang ditarget selesai tahun depan.

Jalan Tol Bocimi terbagi ke dalam empat seksi yaitu seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km, seksi II Cigombong-Cibadak 11,9 km, seksi III Cibadak-Sukabumi 13,7 km, dan seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 km. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed