Follow detikFinance
Selasa 02 Jan 2018, 21:40 WIB

Jokowi Usul DKI Subsidi Tarif Kereta Bandara Soetta, Ini Kata Sandi

Mochamad Zhacky - detikFinance
Jokowi Usul DKI Subsidi Tarif Kereta Bandara Soetta, Ini Kata Sandi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Usai meresmikan kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal subsidi tarif kereta tersebut. Menurut Jokowi, bisa saja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mensubsidi tarif kereta Bandara Soetta.

Jokowi ingin harga tiket kereta Bandara Soetta tetap terjangkau, supaya makin banyak masyarakat menggunakan transportasi umum.

"Ini kan bukan hanya urusan membangun kereta bandara. Kita ingin mengalihkan mobil-mobil pribadi supaya mau menggunakan transportasi massal kita. Bisa saja subsidi (untuk tiket) dari pemerintah DKI, kenapa tidak?" kata Jokowi di Bandara Soetta, Selasa (2/1/2018).


Saat ini, tarif Kereta Bandara Soetta Rp 70.000/orang, sebelumya saat masih uji coba dari 26 Desember 2017-1 Januari 2018, berlaku tarif promo Rp 30.000/orang.

Lantas, apa respons Pemprov DKI Jakarta terhadap subsidi tarif tersebut? Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan bakal mengkaji wacana tersebut.


"Nanti akan kita, tentunya kaji, dan karena ini permintaan Presiden maka harus kita tindak lanjuti," kata Sandiaga, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Selain itu, Sandiaga menambahkan, hal juga perlu disampaikan dulu ke DPRD DKI.

"Tapi kan ini kita tidak bisa suka-suka, harus ngomong sama yang punya anggaran di DPRD di belakang. Tapi tentunya kalau ini permintaan dari presiden dan sudah disampaikan tadi, ya tentunya harus kita pelajari," terang pria yang akrab disapa Sandi ini. (zak/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed