Follow detikFinance
Rabu 03 Jan 2018, 16:24 WIB

Pemerintah Ingin Tol Trans Jawa Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2018

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Pemerintah Ingin Tol Trans Jawa Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2018 Foto: Dok BPJT
Jakarta - Tiga menteri kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Sofyan Djalil, dan Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan rapat untuk membahas progres pembangunan jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Dalam rapat yang digelar selama tiga jam tersebut, ketiga menteri itu sepakat agar jalan tol tersebut, khususnya Trans Jawa bisa tersambung di akhir 2018 dan bisa digunakan dalam mudik Lebaran tahun ini.

"Tadi dibahas, seperti yang tadi pas saya masuk ada dua progres ya. Ini mau dua mingguan, melanjutkan rapat yang lalu dua mingguan, progres pengadaan maupun pembebasan lahan fisik dari tol Trans Jawa dan Sumatera di bagian selatan khususnya," kata Basuki usai mengikuti rapat di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Untuk tol Trans Jawa, Basuki menjelaskan saat ini progres pembebasan lahannya telah hampir rampung dan ditargetkan beres seluruhnya pada pertengahan Januari ini. Sementara untuk konstruksi, dirinya menargetkan agar di akhir 2018 ini juga bisa selesai dan bisa dimanfaatkan sebagai jalur mudik hingga menuju Malang.

"Mudah-mudahan pertengahan Januari kita minta sudah selesai semua tanah, dan konstruksi kita selesaikan akhir 2018 ini semoga dioperasikan full. Kemudian Juni bisa fungsional untuk mudik. Ini untuk trans Jawa baik dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Pandaan-Malang," jelasnya.

Kemudian untuk Trans Sumatera, Basuki mengatakan, tiga ruas di antaranya bisa selesai konstruksi pada bulan Mei hingga Juni 2018 dan bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games. Saat ini, proses pengadaan lahan dilakukan Kementerian ATR dan ditargetkan rampung pada bulan Januari 2018.

"Kalau yang Sumatera, khususnya Bakaeuheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung Palembang, itu targetnya Mei-Juni bisa selesai konstruksinya. Tanahnya juga saya kira tadi ada pak Menteri ATR, itu bisa kita selesaikan Januari ini," terangnya," katanya.

"Itu secara umum, bahwa untuk yang Sumatera, Juni akan bisa kita fungsionalkan untuk Asian Games, Bakauheni, Terbanggi Besar, Pematang Panggang, Kayu Agung, Palembang," tutup Basuki. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed