Follow detikFinance
Rabu 03 Jan 2018, 19:00 WIB

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Diresmikan Jokowi Bulan Ini

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Siap Diresmikan Jokowi Bulan Ini Foto: Hutama Karya
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah rampung dikerjaan. Ruas tol tersebut akan segera diresmikan pada bulan Januari ini.

"Di Trans Sumatera juga beberapa ada yang mau diresmikan. Januari ini kayak Bakauheni-Terbanggi Besar yang kemarin financial closingnya sudah kita lakukan minggu lalu dengan percepatan konstruksi harus segera kita lakukan," kata Basuki di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1/2017).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), I Gusti Ngurah Putra menambahkan, pemerintah akan segera meresmikan dua pintu di seksi I dan II sepanjang 16,5 kilometer itu. Peresmian itu rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bakauheni-Terbanggi Besar mau diresmikan 2 gate, 72 sampai 80. Tinggal nunggu Bapak Presiden (Jokowi)," kata Gusti.

Saat ini, Gusti menjelaskan, untuk proyek Bakauheni-Terbanggi Besar yang memiliki panjang total 141 km ini masih fokus menyelesaikan masalah pembebasan lahan. Pembebasan lahan pada proyek itu saat ini mencapai sekitar 92%.

Dirinya optimis dapat menyelesaikan pembebasan lahan tersebut di pada akhir bulan ini. Sehingga, bagian dari Tol Trans Sumatera tersebut dapat difungsikan untuk musim mudik tahun ini.

"Kalau tanah selesai akhir bulan ini, maka kita paksakan sebelum lebaran tahun ini fungsional," katanya.

Diketahui, ruas tol Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer itu terbagi empat seksi. Seksi I sepanjang 39,6 kilometer, seksi II sepanjang 40,4 kilometer, seksi III sepanjang 37 kilometer, dan seksi IV sepanjang 24 kilometer.

Beberapa waktu lalu, proyek itu juga telah mendapatkan pinjaman kredit dari 7 bank sebesar Rp 8,067 triliun. Adapun ketujuh bank yang memberikan pinjaman antara lain, PT Bank Mandiri Tbk (Persero), PT BNI Tbk (Persero), PT Bank BCA Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, dan Bank ICBC Indonesia. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed