Follow detikFinance
Jumat, 05 Jan 2018 08:37 WIB

Ditarget Rampung 2019, Jalan Trans Papua Dibangun Sejak Era Habibie

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. PUPR Foto: Dok. PUPR
Jakarta - Pemerintah menargetkan jalan Trans Papua dapat tersambung seluruhnya pada tahun 2019 mendatang. Jalan darat yang terbagi di Provinsi Papua dan Papua Barat ini akan menyambungkan Sorong dan Merauke sepanjang 4.329,55 km tanpa putus.

Namun, tak seluruh jalan Trans Papua dibangun pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memulai pembangunan jalan ini secara besar-besaran sejak 2014 lalu. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikFinance, seperti ditulis di Jakarta, Jumat (5/1/2018), pembangunan jalan Trans Papua telah dimulai sejak zaman Pemerintahan Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

"Ini (Trans Papua) sudah dimulai lama. Zaman Pak Habibie sudah ada, tapi masifnya sejak Pak Jokowi. Dulu kan sporadis (kadang-kadang) saja, kecil-kecil di spot-spot tertentu. Katakanlah daerah Nabire, Merauke, Jayapura," ujarnya saat ditemui detikFinance beberapa waktu lalu.


Sampai akhir tahun 2016 lalu, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mencatat, jalan Trans Papua yang telah tersambung mencapai 3.851,93 km. Dan setahun setelahnya, atau pada akhir 2017 lalu, jalan yang sudah tembus tercatat sudah mencapai 4.158,29 km.

Namun, sebagian besar jalan Trans Papua yang telah dibuka, kualitas jalannya masih dengan kategori urugan pilihan atau urpil. Dan beberapa ruas yang dilalui aspal di antaranya yang ada di wilayah Tolikara menuju Usilimo, Jayawijaya. Dari Habema menuju Wamena. Dari Passvaley menuju Wamena, Abenaho menuju Elelim dan dari kawasan Aple menuju Abepura di Jayapura.


Sedangkan sebagian kecil lainnya masih berupa kawasan hutan, yang lokasinya menuju Jayapura dan dari Sinak di Kabupaten Puncak menuju Ilaga. Jalan-jalan yang sebelumnya belum tersambung karena masih tertutup hutan dan melewati pedalaman Papua tersebut dibuka guna mencapai pemerataan pembangunan di wilayah pedalaman, perbatasan, dan pinggiran Indonesia. (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed