Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Jan 2018 11:03 WIB

Jalur LRT Velodrome-Kelapa Gading Tersambung Bulan Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok.Wijaya Karya
Jakarta - Pembangunan infrastruktur untuk mendukung gelaran Asian Games terus digenjot, salah satunya Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome sepanjang 5,8 km. Project Director LRT Jakarta di Jakpro, Allan Tandiono, mengatakan seluruh jalur layang dari moda transportasi kereta ringan tersebut bakal tersambung pada akhir bulan ini.

"Poin kritikalnya, per akhir bulan ini semua jalur layang sudah tersambung," katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Senin (8/1/2017).

Adapun progres pembangunan seluruh pekerjaan LRT Jakarta telah mencapai lebih dari 50%. Saat ini pembangunan LRT Jakarta Kelapa Gading-Velodrome sudah sampai pada tahap pembangunan enam stasiun yang akan dilewati.

Dengan rampungnya seluruh jalur layang pada akhir bulan ini, pengadaan sarana atau rolling stock kereta ditargetkan bakal dimulai pada bulan April. Allan mengatakan, sarana kereta LRT Jakarta akan didatangkan dari Korea Selatan, berbeda dengan produksi LRT Jabodebek dan LRT Palembang.

"Keretanya datang April dari Korea Selatan. Ditargetkan bulan Mei sudah mulai uji coba laik fungsi" tutur dia.

LRT Jakarta sendiri dijadwalkan beroperasi pada bulan Agustus mendatang. Namun, Pemprov DKI Jakarta menargetkan pengoperasian sudah bisa dimulai pada bulan Juli mendatang.

"Per kontrak, Agustus beroperasinya. Tapi Gubernur (DKI Jakarta) minta Juli beroperasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, LRT Jakarta merupakan proyek milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diusahakan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sedangkan proses konstruksi utama lintasan LRT dikerjakan oleh kontraktor dalam hal ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Wijaya Karya (Persero).

Rute LRT tahap awal ini akan melewati Jalan Pegangsaan Dua sebagai depot, Jalan Raya Kelapa Nias, Jalan Kelapa Gading Boulevard, Jalan Kayu Putih Raya, dan Jalan Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Koridor 1 LRT ini akan memiliki 6 stasiun pemberhentian, antara lain Stasiun depot di Jalan Pegangsaan Dua Kelapa Gading, stasiun Mal Kelapa Gading, stasiun Kelapa Gading Boulevard, stasiun Pulomas, Stasiun Pacuan Kuda hingga Stasiun Velodrome di arena balap sepeda Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur.

LRT pertama di Jakarta ini rencananya akan digunakan untuk gelaran Asian Games 2018 yang akan berlangsung Agustus mendatang. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya