Follow detikFinance
Senin, 08 Jan 2018 20:58 WIB

Ratu Prabu Mau Bangun LRT, Darmin: Apa lagi Itu? Saya Belum Dengar

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Luthfy Syahban/Infografis Foto: Luthfy Syahban/Infografis
Jakarta - PT Ratu Prabu berniat membangun kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) sepanjang 400 kilometer (km) di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Proyek ini akan menelan biaya sebesar Rp 405 triliun.

Rencana tersebut sepertinya belum sampai ke telinga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Ia mengatakan bahwa pihaknya belum pernah mendengar pembangunan proyek LRT Ratu Prabu. Ia pun enggan menanggapi hal tersebut.

"Apalagi itu? Saya belum pernah dengar," kata Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (8/1/2018).


Ditemui terpisah sebelumnya, Presiden Direktur PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI) B. Bur Maras menjelaskan, pihaknya memiliki rencana pembangunan LRT yang dibagi dalam tiga fase pekerjaan. Di fase pertama yang terdiri dari 9 jalur (line) A-I membentang di segala penjuru Jakarta.

Line A membentang dari Karawaci sampai Jalan Sultan Agung, line B dari Jalan Raya Serpong sampai Bandara Soekarno Hatta, line C dari Bendungan Hilir sampai Kampung Bandan, line D dari Bandara Soekarno Hatta sampai Cawang, dan line E dari Jalan Joglo Raya sampai Gelanggang Olahraga.

Kemudian, berlanjut di line F dari Cikunir sampai Selamat Sempurna (Pluit), line G dari Antasari sampai Depok, dan Line I dari Dufan menuju Bintara.


Kemudian di fase kedua terdapat 4 jalur, line J dari nasional 1 (Kapuk Muara) sampai Bintara Permai, line K dari Tentara Pelajar sampai Kemang Raya, line L dan M direncanakan menuju Pulau Reklamasi.

Terakhir fase ketiga, dimulai dari line N Jalan Otto Iskandar Dinata menuju Depok, line O dari Jalan Nasional 2 sampai Jalan Pajajaran Bogor, line P dari Jalan R.E Martadinata di Jakarta Utara sampai Cikunir, dan line Q direncanakan dari Depok menuju Jalan Raya Bogor. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed