Follow detikFinance
Selasa 09 Jan 2018, 08:50 WIB

LRT Jabodebek Ditargetkan Uji Coba Januari 2019

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
LRT Jabodebek Ditargetkan Uji Coba Januari 2019 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pembangunan konstruksi proyek transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) telah mencapai 32%. Progresnya, untuk rute Cawang-Cibubur 50%, kemudian Cawang-Bekasi Timur sudah 20%, dan Cawang-Dukuh Atas 15%.

LRT Jabodebek ini ditargetkan beroperasi pada Mei-Juni 2019 mendatang untuk tahap satu tersebut. Nantinya, LRT Jabodebek akan dilengkapi dengan 16 stasiun yang saling terhubung.

Sebelum beroperasi penuh pada bulan Mei-Juni 2019, LRT Jabodebek tahap satu sepanjang 43 kilometer (km) akan dilakukan uji coba pada bulan Januari 2019. Uji coba dilakukan hingga Maret 2019 sebelum dioperasikan penuh di bulan berikutnya.

"Januari 2019 itu kita lakukan uji coba, itu selama tiga bulan. Optimis, Mei-Juni 2019 itu bisa beroperasi penuh," kata Direktur Utama PT Adhi Karya, Budi Harto kepada detikFinance, di Kantor Pusat Adhi Karya, Jakarta, pekan lalu.

Saat ini, pengerjaan proyeknya tengah fokus dalam konstruksi pembangunan. Mulai, dari persiapan dalam pemasangan untuk lintasan rel untuk kereta, hingga sistem persinyalan untuk kereta ringan itu sendiri.


"Sekarang kita memang sedang fokus pengerjaan sipil. Nanti bulan Maret kita sudah kedatangan untuk pasang rel. Pasang power supply, pasang sinyal. Girder-girdernya sudah sebagian besar," katanya.

Nantinya, pemasangan rel kereta akan dikerjakan secara paralel. Artinya, dimana ada jalur layang yang sudah tersambung bisa langsung dilakukan pemasangan rel. Sementara untuk keretanya sendiri ditargetkan sudah siap pada bulan Oktober 2018 ini.

"Pemasangan rel itu dilakukan bertahap. Ini sekarang sepanjang 7 km sudah bisa dipasang. Itu dikerjakan paralel. Untuk kereta yang jelas bulan Oktober itu sudah harus ada, karena untuk men-set signal. Dua set harus datang," pungkas Budi.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed