Follow detikFinance
Kamis 11 Jan 2018, 18:00 WIB

Pemda DIY Ingin Tol Cilacap-Yogya Dibangun Melayang

Edzan Raharjo - detikFinance
Pemda DIY Ingin Tol Cilacap-Yogya Dibangun Melayang Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Wisma Putra)
Yogyakarta - Yogya akan segera memiliki jalan tol. Rencananya, akan dibangun jalan tol di sisi selatan pulau Jawa yaitu tol Cilacap-Yogyakarta. Karena masuk wilayah DIY, Pemda DIY menyampaikan agar tol yang dibangun tidak mematikan ekonomi masyarakat.

Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan, pembangunan tol yang memasuki wilayah DIY harus meminimalkan pembebasan lahan terutama pada titik-titik yang merupakan kawasan pemukiman.


Untuk itu ia mengharapkan, jalan tol yang dibangun, terutama pada bagian yang masuk wilayah DIY, dilakukan secara melayang atau elevated. Pemda DIY juga menginginkan pembangunan tol di DIY tidak boleh mematikan ekonomi masyarakat, harus menhindari situs dan jauh dari dampak letusan Gunung Merapi.

"Seminimal mungkin pembebasan lahan karena itu dampak sosialnya tinggi di masyarakat. Paling enggak ya elevated, tapi itu kan panjang, bisa 50-an kilometer dari Kulonprogo-Yogya,"kata Gatot Saptadi di kantor Gubernur DIY, Kamis (11/1/2018).

Gatot menjelaskan bahwa Gubernur DIY telah menyampaikan catatan-catatan tersebut jika ingin membangun tol di DIY. Ia pun menambahkan, kajian pembangunan jalan tol pun harus lebih matang lagi terkait kemanfaatannya bagi warga DIY.


Bila jalan tol tersebut untuk kepentingan bandara di Kulonprogo, menurutnya lebih baik memaksimalkan jalur lingkar selatan (JJLS).

"Pak Gubernur sudah sampaikan agar dihitung betul. Kalau kaitannya dengan bandara, jalan yang ada sudah cukup, maka cucok ora (untung tidak), nanti yang makai dikit. Kan JJLS ada bagus dan gratis Outer ringroad sudah dimulai. Itu mengingatkan saja," kata Gatot. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed