Follow detikFinance
Jumat, 12 Jan 2018 13:42 WIB

Pembebasan Lahan Depo LRT Jabodebek Rampung April 2018

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pengadaan lahan untuk depo proyek LRT Jabodebek di DKI Jakarta dan Bekasi Timur saat ini belum rampung. Penyelesaian pengadaan lahan untuk kebutuhan depo tersebut ditargetkan selesai April 2018 atau tiga bulan lagi.

"Bulan Maret kita sudah selesai untuk wilayah DKI. Masih ada kendala di depo Bekasi Timur mungkin April," kata Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian ATR, Arie Yuriwin di Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).

Arie menambahkan, skema pengadaan tanah di lokasi pembangunan depo LRT Jabodebek akan dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan konflik dengan pemilik lahan.

"Depo inti di Bekasi Timur itu 10 hektar, terus nanti tambahannya di Taman Mini untuk TOD, sama di Cawang," ujar Arie.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menambahkan, pihaknya menyerahkan pengadaan lahan untuk depo LRT Jabodebek kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Adhi Karya pun telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,4 triliun untuk pembebasan lahan tersebut.

"Ini mau kita lewat BPN menyelesaikannya," kata Budi.

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) juga ikut membantu pembebasan lahan untuk depo LRT Jabodebek. LMAN menganggarkan dana sekitar Rp 1,6 triliun yang sudah ada sejak akhir 2017.

"LMAN uangnya udah keluar kemarin udah jadi DIPA-nya LMAN akan sudah keluar. Nah, sekarang kita nunggu dari BPN untuk supanya selesai. Setelah selesai semua kita masukkan ke BPKP untuk due diligence uang ganti ruginya," ujar Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed