Follow detikFinance
Selasa 16 Jan 2018, 17:08 WIB

Flyover Pancoran Tak Perlu Sertifikat, Ini Penjelasan PU

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Flyover Pancoran Tak Perlu Sertifikat, Ini Penjelasan PU Foto: Panji Al-hadromi
Jakarta - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan pengoperasian jalan layang (flyover) Pancoran tak memerlukan sertifikat laik fungsi (SLF).

Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Zarkasih mengatakan, flyover pancoran tak memerlukan SLF karena bukan dalam kategori jembatan khusus yang memerlukan uji laik fungsi.

"Bukan khusus. Jadi sesuai dengan Permen (Peraturan Menteri), enggak perlu uji laik fungsi," tegasnya kepada detikFinance, Selasa (16/1/2018).

Iwan menjelaskan, dalam Peraturan Menteri Nomor 41 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan. Jalan khusus memiliki bentang lebih dari 100 meter, jembatan pelengkung lebih dari 60 meter, dan panjang lebih 3.000 meter.

Sementara pembukaan yang telah dilakukan pada Senin 15 Januari 2018, kemarin merupakan bentuk dari dari soft launching. Adapun jalan layang itu dibuka karena telah memenuhi standar keamanan berlalu lintas.

"Jembatan sudah dilakukan soft launching yang telah lolos uji keselamatan berlalulintas, apakah memenuhi persyaratan atau tidak, aman atau tidak," ujarnya.

Seperti diketahui, jalan layang Pancoran dibangun oleh PT Nindya Karya. Jalan tersebut dibangun sepanjang 840 meter yang terdiri dari dua lajur dengan lebar 9 meter.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan uji cepat jembatan pada Sabtu, 20 Januari 2018. Dia bilang, pengujian jalan layang Pancoran akan lebih cepat dari Jembatan Semanggi.

"Nanti Sabtu dilakukan pengujian yang lebih cepat. Kendaraan melaju dengan kecepatan tertentu sehingga diketahui respons jembatannya seperti apa," kata Iwan.

"Kalau semanggi kan lama. Bisa sampai dua malam. Kalau ini (Pancoran) bisa lebih cepat, sehari beres," tutupnya. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed