Follow detikFinance
Sabtu, 20 Jan 2018 11:54 WIB

Besok, Jokowi Resmikan Tol Pertama di Lampung

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. PT Hutama Karya Foto: Dok. PT Hutama Karya
Jakarta - Tol Bakauheni-Terbanggi Besar akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (21/1/2017). Tol ini akan menjadi tol pertama yang beroperasi di Provinsi Lampung.

Ruas tol yang diresmikan adalah seksi 1 dari Pelabuhan-IC (inter change) Bakauheni sepanjang 9 km dan seksi 5 dari IC Lematang-IC Kota Baru sepanjang 5 km. Tol ini merupakan bagian dari Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km.

Berdasarkan informasi yang diterima detikFinance di Jakarta, Sabtu (20/1/2018), tol ini bakal diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari Minggu, 21 Januari 2018, tepatnya jam 09.00 pagi.

"Besok (Minggu) jam 9," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja.

Sebelumnya Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), I Gusti Ngurah Putra mengatakan saat ini fokus menyelesaikan masalah pembebasan lahan. Pembebasan lahan secara keseluruhan pada proyek ini pada awal Januari lalu telah mencapai sekitar 92%.

Dia optimistis dapat menyelesaikan pembebasan lahan tersebut di pada akhir bulan ini. Sehingga, bagian dari Tol Trans Sumatera tersebut dapat difungsikan untuk musim mudik tahun ini.

"Kalau tanah selesai akhir bulan ini, maka kita paksakan sebelum lebaran tahun ini fungsional," katanya.

Beberapa waktu lalu, proyek ini juga telah mendapatkan pinjaman kredit dari 7 bank sebesar Rp 8,067 triliun. Ketujuh bank yang memberikan pinjaman antara lain, PT Bank Mandiri Tbk (Persero), PT BNI Tbk (Persero), PT Bank BCA Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, dan Bank ICBC Indonesia.

Sebagai informasi, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar mulai dibangun sejak tahun 2015. Tol ini merupakan salah satu dari 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yang dikembangkan oleh Hutama Karya melalui penugasan dari Pemerintah RI. Ruas tol sepanjang 140 km ini terbagi menjadi 9 seksi yang secara keseluruhan ditarget selesai pada tahun 2019. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed