Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Feb 2018 11:00 WIB

2 Unit Kereta LRT Jakarta Tiba Dua Bulan Lagi Dari Korsel

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Indra Komara
Jakarta - Proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading terus dikerjakan. Selain konstruksi fisik, pengadaan sarana yakni rolling stock atau rangkaian keretanya juga terus dikebut agar bisa selesai sebelum gelaran Asian Games 2018.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Satya Heragandhi, mengungkapkan rangkaian kereta diperkirakan akan tiba di Jakarta sekitar dua bulan lagi dari saat ini. Ada dua rangkaian kereta pertama yang akan tiba dari Korea Selatan (Korsel) pada April mendatang.

"Bulan April, lebih cepat kayaknya. Tadinya April minggu ketiga. Ini kemungkinan April minggu pertama," kata Satya kepada detikFinance, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Kontrak Pengadaan 16 Gerbong Kereta LRT, atau Rolling Stock Velodrome-Kelapa Gading ini sendiri dimulai sejak tanggal 1 Februari 2017 lalu dan target selesai di bulan Oktober 2018 mendatang.

Satya mengatakan, rangkaian kereta akan datang ke Jakarta secara bertahap. Dia memperkirakan, hingga Juli mendatang delapan rangkaian sudah bisa didatangkan dari Korea.

"Mereka janjikan untuk tiba pada bulan April itu ada dua. Nah sampai bulan Juni-Juli itu kalau enggak salah ada delapan (rangkaian)," katanya.

Harga satu gerbong kereta buatan Korsel tersebut berkisar US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 239 miliar. Nantinya, satu rangkaian LRT terdiri dari dua hingga enam gerbong. Satu gerbong dapat menampung sekitar 130 orang.

"Untuk satu set, dua rangkaian (gerbong) bisa angkut dengan nyaman 270 orang. Itu dengan nyaman ya. Artinya dengan space yang cukup," jelasnya. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com