Follow detikFinance
Selasa, 06 Feb 2018 12:28 WIB

Begini Cara Bikin Konstruksi Bangunan Tahan Longsor

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Deden Rahadian/detikcom Foto: Deden Rahadian/detikcom
Jakarta - Curah hujan yang tinggi dengan durasi lama dan kemiringan lereng tebing yang terjal membuat longsor terjadi di kawasan puncak, Bogor. Sejumlah bangunan pun tertimbun oleh adanya longsor tersebut.

Namun ternyata ada hal yang bisa dilakukan untuk membuat konstruksi bangunan, setidaknya meminimalisir atau mencegah terjadinya longsor. Teknik konstruksi itu disebut dengan soil nailing.

Praktisi Konstruksi Basuki Winanto mengatakan, soil nailing ini bisa diaplikasikan terhadap konstruksi bangunan sebagai perkuatan untuk menahan bangunan yang berada di daerah miring atau rawan longsor.

"Jadi kalau untuk tahan longsor, berarti kondisi tanahnya itu labil. Kalau posisinya di lereng, biasanya ada beberapa treatment. Salah satunya treatment-nya bisa pakai soil nailing. Artinya tanah yang ada, dibor secara miring, kemiringan itu agak ke dalam lalu kemiringan itu dimasukin besi beton, lalu di-grooting (dimasukkan campuran semen)," katanya kepada detikFinance saat dihubungi, Selasa (6/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Dia bilang, dengan menggunakan teknik tersebut, maka kemungkinan terjadinya longsor bisa diminimalisir.

"Misalnya ada tebing, supaya enggak runtuh, kita kasih soil nailing, terus kita grouting. Disemprot sama beton mortar supaya enggak runtuh," jelasnya.

Dengan menggunakan cara ini, air yang masuk ke dalam tanah nantinya akan tertahan oleh besi beton yang telah dimasukkan ke dalam tanah tadi .

"Jadi enggak masuk ke pori-pori tanah. Tapi memang pelaksanaannya kalau memang airnya terlalu banyak, kita pakai besi beton dari plastik. Supaya tidak pernah karat besinya. Itu besi beton plastik namanya," tambahnya.

Selain menggunakan teknik konstruksi tadi, cara lain yang bisa digunakan adalah lewat metode sheet pile beton. Teknik ini biasanya dilakukan untuk konstruksi berat atau bangunan tinggi yang dirancang dengan tulangan untuk menahan beban permanen setelah konstruksi.

"Rata-rata untuk penahan longsor, biasanya pakai metode sheet pile. Kalau lokasinya di tebing, itu pakai soil nailing," pungkasnya. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed