Follow detikFinance
Kamis, 08 Feb 2018 13:46 WIB

Dua Bulan Lagi Pembebasan Lahan Kereta Cepat JKT-BDG Bakal Kelar

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dana Aditiasari Foto: Dana Aditiasari
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, pembebasan lahan pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sepanjang 142 kilometer (km) rampung pada April 2018.

"Yang gembira adalah pembebasan lahan sedang berlangsung. Bisa dipastikan pembebasan lahan bisa diselesaikan pada bulan April," kata Budi di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Dengan rampungnya pembebasan lahan, maka pencairan dana pinjaman dari China Development Bank (CDB) bisa dilakukan. Total investasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung senilai US$ 5,9 miliar, 25% nya merupakan modal konsorsium dari BUMN dan China. Sisanya dari pinjaman CDB.

Dari 25% itu, pihak China Railway International Co Ltd yang dalam konsorsium akan menyuntikkan dana sekitar 40% atau sekitar Rp 7,5 triliun. Sedangkan 60% sisanya dimodali oleh BUMN yang tergabung dalam PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) atau sekitar Rp 11,5 triliun.

"Pendanaan dari China belum cair tapi sedang menunggu finalisasi masalah tanah, (nilainya) sama kok," tambah dia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, khusus untuk pembebasan lahan di ruas Jakarta, bakal selesai pada akhir Februari tahun ini.

"Mengenai tanah sepertinya kami akan bisa selesaikan. Tadi semua hadir pokoknya akhir bulan ini, paling lambat awal bulan depan selesai," kata dia.

Sementara itu, Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Arie Yuriwin mengatakan, untuk wilayah di Jakarta terdapat ratusan bidang yang harus diselesaikan.

Dia menyebutkan, dari 258 bidang, sekitar 3,1 hektare sudah dibebaskan. Sedangkan untuk Jawa Barat terdapat 6.317 bidang tanah yang sudah diukur dan tinggal menunggu hasil pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan untuk DKI bulan Maret sudah selesai, kalau untuk Jawa Barat kita harapkan April," kata Arie. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed