Follow detikFinance
Jumat 09 Feb 2018, 07:42 WIB

Tembus Bukit, Terowongan Tol Cisumdawu Bisa Dilewati Mudik

Wisma Putra - detikFinance
Tembus Bukit, Terowongan Tol Cisumdawu Bisa Dilewati Mudik Foto: Wisma Putra
Sumedang - Pembangunan tunnel atau terowongan tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ditargetkan dapat digunakan sebagai akses jalur mudik 2018.

Pantauan detikcom, Kamis (8/2/2018), pembangunan kedua terowongan ini terus dikebut. Dari total panjang terowongan 472 meter, pembangunan terowongan tersebut sudah hampir mencapai 50%.

"Pengerjaan terowongan sebelah kiri per hari ini sudah mencapai 264 meter dan kanan 197 meter dengan total panjang 472 meter," kata Kasatker Tol Cisumdawu, Wida Nurfarida, saat melakukan peninjauan lokasi pembangunan tunnel di Proyek Tol Cisumdawu, Sumedang.


Saat disinggung apakah terowongan ini dapat digunakan pada mudik 2018, pihaknya akan terus berusaha agar terowongan tersebut dapat digunakan sebagai akses jalan dari Bandung-Sumedang via Tol Cisumdawu.

"Kita ditargetkan ini (pembangunan terowongan) bisa tembus sebelum lebaran 2018, cuman masih ada beberapa perubahan yang akan kita laksanakan, karena keluar dari sini inlate lahannya belum bebas, di ujung tunnel belum bebas jadi itu kita minta percepatan pembebasan lahan," ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya pun akan terus mengebut pembangunan agar proyek terowongan ini dapat selesai sesuai target. "Kita mengupayakan, karena ini sifatnya perintah, kita harus lakukan," ujarnya.

Wida menuturkan, meski pembangunan terowongan ini berlangsung pada kondisi cuaca hujan, namun menurutnya kondisi tersebut tidak menjadi kendala.

Menurutnya yang masih menjadi kendala yaitu proses pembebasan lahan. Meski demikian, progres pembangunan terowongan melebihi target "Sejauh ini masih lancar, melebihi sedikit target, harapan kami bisa melebihi target," tuturnya.

Wida menambahkan, kendala yang saat ini ditemukan hanya pembebasan lahan. "Kendala teknis? tidak ada, dalam arti masih dapat teratasi, semoga nanti kita tidak ketemu kondisi tanah yang ekstrem yang mempengaruhi pekerjaan tunnel," pungkasnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed