Follow detikFinance
Jumat, 09 Feb 2018 21:15 WIB

Tol Padang-Pekanbaru yang Dibangun Jokowi Sambungkan Dua Pelabuhan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Padang - Presiden Joko Widodo menyambut antusias dengan dimulainya proyek Tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru sepanjang 254,8 km. Jokowi pun langsung melakukan peresmian groundbreaking untuk tahap I ruas Padang-Sicincin.

Menurutnya tol tersebut akan sangat penting untuk mendorong perekonomian di wilayah Sumatera bagian tengah. Sebab nantinya tol tersebut akan menjadi penghubung dua pelabuhan yakni Pelabuhan Teluk Bayur di Padang dan Pelabuhan Dumai.

"Yang lebih penting lagi bahwa ini ada Pelabuhan laut Teluk Bayur dan Pelabuhan laut Dumai, yang satu di Sumatera Barat dan satu lagi di Riau. Ini akan jadi lebih dekat, ketemu, sehingga tidak muter-muter," tuturnya di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

Tol yang baru dibangun ini memang hanya menuju Pekanbaru, namun saat ini juga tengah dibangun jalan tol Pekanbaru-Kandis-Dumai sepanjang 135 km. Meski tidak tersambung langsung, namun kedua tol tersebut menghubungkan kedua pelabuhan itu secara tidak langsung.

"Semua moda transportasi yang ada di Sumatera tengah ini larinya akan lebih cepat. Ini efisien," tambahnya.

Jokowi berharap, dengan terhubungnya kedua pelabuhan tersebut maka produk-produk hasil Indonesia bisa bersaing dengan negara lain. Sebab menurutnya produk Indonesia kalah saing lantaran biaya distribusinya yang mahal.

"Tanpa itu jangan harap produk-produk kita bisa bersaing dengan negara lain. Karena kemahalan ongkos transportasi kemahalan ongkos logistik semuanya mengganggu daya saing. Daya saing kita ada di infrastruktur, baik jalan tol, pelabuhan, bandara, tenaga listrik itu sangat penting sekali," terangnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed