Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Feb 2018 11:21 WIB

Direstui Sultan, Apa Kabar Rencana Pembangunan Tol Bawen-Yogya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta semakin mendekati kenyataan menyusul telah disetujuinya rencana pembangunan jalan bebas hambatan ini oleh Gubernur Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kedua kepala daerah tersebut telah menyetujui kajian pembangunan jalan tol sepanjang 70 km yang melewati daerahnya itu.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan saat ini rencana pembangunan tol Bawen-Yogya tersebut tengah mempersiapkan dokumen pengadaan tanah untuk penetapan lokasi (penlok) trase. Dia bilang, dokumen pengadaan tanah tersebut menjadi bagian dari syarat penetapan lokasi.

"Studi kelayakan kan sudah. Amdal masih dalam proses, nanti dokumen pengadaan tanah itu jadi usulan untuk penetapan lokasi," katanya kepada detikFinance saat ditemui di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Dia bilang, penetapan lokasi diharapkan bisa diselesaikan pada pertengahan tahun ini. Selanjutnya, pembebasan lahan bisa dilakukan sambil melakukan lelang konsesi operator jalan tol.

"Jadi nanti bisa simultan apakah setelah penlok kita mau sambil lelang, atau kita nunggu tanah dulu baru kita lelang. Tergantung arahan pimpinan," ujarnya.

Dengan progres pembangunan yang masih berkutat pada penentuan trase atau jalur yang akan dilewati, maka pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta dipastikan bakal berjalan lebih lambat dari rencana sebelumnya yang menargetkan tahun ini konstruksi bisa mulai dilakukan.

Jalan Tol Bawen-Yogyakarta sendiri direncanakan dibangun sepanjang 70 km dan dibagi menjadi dua ruas, yaitu Bawen-Magelang dan Magelang-Yogyakarta. Jalan bebas hambatan ini nantinya tersambung dengan jalur yang sudah ada, yaitu Semarang-Bawen dan rencana Solo-Yogyakarta. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed