Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Feb 2018 14:30 WIB

Tiba di Priok Bulan Depan, Kereta MRT Jakarta Dikirim dari Jepang

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Dok. PT MRT Jakarta Foto: Dok. PT MRT Jakarta
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Jakarta - Dua trainset pertama kereta MRT Jakarta bakal tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir bulan Maret mendatang. Dua trainset yang terdiri dari 12 kereta itu bakal dikirim dari Jepang pada akhir Februari atau awal Maret mendatang.

Seperti dikutip dari data resmi MRT Jakarta di situs jakartamrt.co.id, Sabtu (17/2/2018), kereta MRT Jakarta dibuat oleh perusahaan Jepang Nippon Sharyo. Kereta didesain agar memiliki kapasitas angkut maksimum 332 orang per kereta.

Simulasi kedatangan kereta MRT dari JepangSimulasi kedatangan kereta MRT dari Jepang Foto: Dok.MRT



Di fase I, PT MRT Jakarta menyediakan 16 rangkaian kereta (satu rangkaian terdiri dari enam kereta), sehingga kapasitas angkut satu rangkaian mencapai 1.950 orang per rangkaian. Dalam operasionalnya nanti, diperkirakan rangkaian kereta tersebut bakal mengangkut lebih dari 174 ribu orang setiap harinya dengan headway atau rentang waktu antarkereta lima menit pada jam sibuk, dan sekitar 10 menit di luar jam sibuk.

Simulasi kedatangan kereta MRT dari JepangSimulasi kedatangan kereta MRT dari Jepang Foto: Dok.MRT

Interior kereta dilengkapi dengan penyejuk ruangan, dua CCTV, hand straps, kursi prioritas, dan area khusus kursi roda. Bahan material tempat duduk terbuat dari fiber reinforcedplastic (FRP) yang tahan api dengan ukuran lebar 43 cm dan kedalaman 42 cm.



Passenger information display (PID) tersedia di setiap kereta sebagai panduan bagi penumpang untuk mengetahui lokasi stasiun pemberangkatan dan tujuan. Dari aspek keselamatan, setiap kereta juga dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan pembuka pintu dalam kondisi darurat. Di dalam kereta tersedia interkom darurat yang terhubung dengan masinis di ruang kabin dan Operation Control Center(OCC).

Di setiap kereta terdapat delapan buah pintu dengan tinggi 1,8 m dan lebar 1,3 m serta pintu penghubung antarkereta di ujung tiap kereta. Sedang pintu darurat terletak di kabin masinis.

Jendela kereta terdiri dari dua jenis, yaitu fix window dan opening window yang dapat diturunkan dalam kondisi darurat. Bahan jendela terbuat dari safety glass yang mampu menyerap panas.

Simulasi kedatangan kereta MRT dari JepangSimulasi kedatangan kereta MRT dari Jepang Foto: Dok.MRT

Kereta MRT Jakarta atau istilah perkeretaapiannya disebut rolling stock bakal memiliki dimensi panjang 20 m, lebar 2,9 m, dan tinggi 3,9 m. Warna kereta bakal didominasi oleh warna biru dan abu-abu metalik, sementara badan kereta terbuat dari bahan baja antikarat (stainless steel) dengan berat kosong per satu kereta mencapai 31 hingga 35 ton.





(eds/hns)
FOKUS BERITA MRT Siap Beroperasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed