Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Feb 2018 18:19 WIB

Oktober, Depo Kereta Cipinang Rampung

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan proyek pembangunan Depo Kereta Cipinang, Jakarta Timur, rampung Oktober tahun ini.

"Rencana selesai Oktober 2018," ujarnya saat meninjau proyek jalur kereta api dwi ganda atau Double Double Track (DDT) di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, Minggu (18/2/2018).

Untuk memastikan proyek selesai sesuai target, Budi Karya meninjau Depo Cipinang dalam rangkaian kerjanya hari ini

"Tadi kita ke Cipinang dalam rangka memastikan Depo Cipinang itu selesai segera tahun ini, karena kalau Depo selesai maka semua kereta api yang akan berangkat dari Jakarta harus melakukan suatu pemeriksaan, dan crewnya bisa istirahat disitu dan keretanya diperiksa oleh tim mekanik," jelasnya.

Dirinya mengatakan, Depo Cipinang ini memiliki kapasitas lebih besar ketimbang Depo Jatinegara.

"Depo itu memiliki kapasitas dua kali lipat lebih besar dari pada Depo Jatinegara dan relatif semua kereta api nantinya semua akan diperiksa ke situ, artinya semua prasarana agar keselamatan kereta api itu bisa lebih terjamin," tambahnya.

Nantinya, Depo ini akan difungsikan sebagai tempat melakukan pemantauan kelayakan kereta sebelum beroperasi mengangkut penumpang.

"Satu, melihat fungsi-fungsi daripada lokomotif, fungsi-fungsi dari rangkaian/gerbong, dan tingkat kesehatan daripada KA itu sendiri. Jadi kalau ada arrangement (pengaturan) baru ke sini, baru berangkat ke Gambir atau ke Manggarai atau ke kota dan sebagainya," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed