Follow detikFinance
Minggu, 18 Feb 2018 18:39 WIB

Proyek Pembangunan Stasiun Cakung Sudah 87% Rampung

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tahun ini Stasiun Cakung untuk KRL Jabodetabek siap mengoperasikan jalur kereta api dwi ganda atau Double Double Track (DDT).

Ketika meninjau proyek di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, Budi Karya menyebutkan stasiun ini merupakan salah satu dari 5 stasiun yang bakal diresmikan tahun ini.


Stasiun-stasiun yang dimaksud adalah Klender, Klender Baru, Buaran, Cakung dan Kranji. Rata-rata progresnya penyelesaiannya pun sudah di atas 50%. Untuk Stasiun Cakung progresnya 87,45%.

"Klender 85,3%, Buaran 74,2%, Klender Baru 55,3%, Cakung 87,45%, Kranji 55,23%," katanya di lokasi, Minggu (18/2/2018).


Budi Karya mengatakan, targetnya stasiun Cakung dan 4 stasiun lainnya siap mengoperasikan jalur ganda, selambat-lambatnya Oktober 2018. "Oktober 2018 bersamaan dengan 5 stasiun," jelasnya.

Seperti diketahui, DDT ini menghubungkan Manggarai-Cikarang. Proyek sepanjang 38 km ini rencananya siap beroperasi sepenuhnya pada 2020.

Proyek pembangunan jalur KA rel ganda Manggarai-Cikarang terdiri tiga bagian. Bagian pertama yaitu Manggarai-Jatinegara, bagian kedua Jatinegara-Bekasi, dan bagian ketiga Bekasi-Cikarang.

Dengan rampungnya proyek ini, nantinya jalur untuk kereta rel listrik (KRL) dan kereta jarak jauh akan terpisah agar kedua jenis kereta. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed