Waskita dan BUMN Karya Jadi Sorotan Kecelakaan Konstruksi

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 21 Feb 2018 08:53 WIB
Waskita dan BUMN Karya Jadi Sorotan Kecelakaan Konstruksi
Foto: (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Ambruknya kepala tiang di proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan DI Pandjaitan, Cawang, Jakarta Timur, kemarin pagi menyadarkan pemerintah bahwa proyek-proyek infrastruktur yang tengah dikerjakan perlu dievaluasi.

Bagaimana tidak, dalam kurun waktu kurang dari setahun tercatat ada lebih dari 10 proyek infrastruktur yang mengalami kecelakaan konstruksi dan telah mengakibatkan sejumlah korban jiwa maupun luka-luka.

Meski dibantah penyebabnya karena dikebut, namun kecelakaan konstruksi tersebut didominasi oleh proyek-proyek strategis nasional yang saat ini memang tengah dikejar penyelesaiannya. Sebagian besar merupakan proyek jalan tol, dan didominasi oleh kontraktor atau garapan sejumlah BUMN karya.

Perhatian khusus tertuju kepada PT Waskita Karya lantaran mayoritas proyek yang mengalami kecelakaan kerja merupakan garapan emiten konstruksi berkode saham WSKT tersebut. Meski BUMN karya lainnya juga mendapat sorotan karena juga melakukan hal serupa, hingga pada akhirnya pemerintah pun mengambil langkah tegas menghentikan sementara proyek-proyek konstruksi yang strukturnya layang atau berbeban sangat berat.

Bagaimana sorotan bisa tertuju ke Waskita dan BUMN Karya lainnya? Apa bentuk pengawasan yang tengah disiapkan pemerintah? Simak rangkuman selengkapnya berikut: