Perjalanan Panjang Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 22 Feb 2018 08:53 WIB
1.

Perjalanan Panjang Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua

Perjalanan Panjang Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua
Foto: Wilpret Siagian
Jakarta - Diberhentikannya sementara proses pekerjaan konstruksi layang dan berat proyek-proyek infrastruktur oleh pemerintah tak menghalangi proses pembangunan jembatan layang Holtekamp yang berlokasi di Jayapura, Papua.

Setelah melalui proses evaluasi dan uji kelaikan dari Komisi Keselamatan Konstruksi dan Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan, pembangunan jembatan terpanjang di Papua ini akhirnya bisa terus berjalan dan semakin menuju tahap penyelesaian yang ditarget kelar Juni tahun ini.

Jembatan Holtekamp sendiri dibangun sejak tanggal 9 Mei 2015 lalu. Peletakan batu pertama jembatan dengah panjang 733 meter tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat itu.

Proses pembangunan jembatan terbagi menjadi dua lokasi. Pembangunan secara fisik jembatan berlokasi di Papua, namun rangka jembatannya sendiri dilakukan di Surabaya oleh PT PAL.

Pengerjaan struktur baja jembatan Holtekamp sengaja dilakukan di galangan milik PT PAL karena infrastruktur yang memadai untuk membuatnya hanya tersedia di tempat tersebut. Maklum saja, satu bentang tengah jembatan yang terbuat dari baja ini memiliki berat total hingga 2.000 ton, puncak bagian melengkungnya memiliki tinggi mencapai 20 meter dan butuh crane yang bukan sekadar tinggi, tapi juga harus cukup kuat untuk mengangkat struktur baja tersebut.

Pengiriman rangka dan pengangkatan rangka jembatan tersebut pun berhasil mendapatkan dua rekor musim rekor Indonesia (MURI). Rekor pengiriman rangka baja pelengkung bagian tengah secara utuh dengan jarak terjauh tersebut bahkan disebut merupakan yang pertama di dunia, menempuh jarak hingga 3.200 km dari Surabaya hingga ke Jayapura.

Bagaimana perjalanan jembatan Holtekamp akhirnya bisa mulai terpasang rangkanya tersebut? Simak cerita lengkapnya!