Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 01 Mar 2018 11:26 WIB

Masih Disetop, Proyek Tol Manado-Bitung Belum Lulus Evaluasi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta -

Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga selaku anggota Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) menyampaikan tinggal 1 proyek infrastruktur yang masih dihentikan sementara alias kena moratorium.

Proyek tersebut adalah Tol Manado-Bitung yang dikerjakan PT Jasamarga Manado Bitung. Menurutnya masih ada hal yang perlu dilengkapi oleh pelaksana proyek tersebut.

"Yang Manado-Bitung memang mereka harus melengkapi SOP (Standard Operating Procedure) tentang proses erection," katanya ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Proses erection work ini merupakan proses pengangkatan dan pemasangan material, dalam hal ini balok untuk disusun menjadi satu kesatuan konstruksi. Proses ini terbilang berisik tinggi sehingga harus dilaksanakan dengan SOP yang benar.

"Erection itu proses pengangkatan balok, proses pengangkatan ini kan harus ada standard operating procedure. Nah catatan dari komite, SOP mereka perlu dilengkapi artinya belum lengkap, artinya mereka lengkapi dulu baru oke," jelasnya.

Dia mengatakan SOP ini sangat penting untuk keselamatan dan keamanan kerja. Jika diikuti dengan baik diharapkan potensi kecelakaan kerja bisa diminimalkan.

"Kalau kita bicara SOP kalau itu diikuti, nah itu yang akan menghindari terjadinya kecelakaan. Ikuti saja SOP-nya, pengawasan ditingkatkan mudah-mudahan tidak terjadi (kecelakaan)," ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan masih ada 2 proyek yang belum mendapatkan rekomendasi untuk dilanjutkan, yakni Tol Manado-Bitung dan Tol Serpong-Cinere yang dikerjakan PT Trans Bumi Serbaraja. Dia mengatakan untuk proyek tersebut sudah tidak ada masalah.

"Iya, kalau Serpong-Cinere sudah oke katanya dari catatan saya," tambahnya.



(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed