Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Mar 2018 12:13 WIB

Mengenang Soenarno, Menteri yang Mulai Bangun Tol Cipularang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri Permukiman Prasarana Wilayah 2001-2004, Soenarno/Foto: Dok PUPR Menteri Permukiman Prasarana Wilayah 2001-2004, Soenarno/Foto: Dok PUPR
Jakarta - Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah Soenarno tutup usia dini hari tadi. Menteri yang menjabat pada periode 2001-2004 tersebut tutup usia pada usia 75 tahun.

Dari keterangan tertulis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (6/3/2018), sejumlah proyek infrastruktur dimulai saat dia menjabat.

Beberapa proyek infrastruktur di antaranya adalah dimulainya pembangunan Tol Cikampek Purwakarta Padalarang (Cipularang), dimulainya pembangunan Jembatan Surabaya Madura (Suramadu), peresmian Bendungan Batutegi Lampung, dan konservasi Pulau Nipah berbatasan dengan Singapura yang sebelumnya terancam hilang.

Dalam keterangan Kementerian PUPR disebutkan, Soenarno menaruh perhatian besar pada infrastruktur kerakyatan diantaranya dengan membangun sejumlah jembatan yang menghubungkan daerah terpencil. Salah satunya adalah Jembatan Sari di Kabupaten Sragen.


"Berfungsinya Jembatan Sari disambut gembira masyarakat karena sebelumnya menggunakan perahu untuk menyeberangi Sungai Bengawan Solo," tulis keterangan tersebut.

Soenarno juga berperan dalam pembentukan Undang-Undang (UU) No 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, UU No 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air, UU No 38 tahun 2004 tentang Jalan, dan merintis penyusunan UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

"Termasuk dengan membentuk unit organisasi Direktorat Jenderal Penataan Ruang," ungkapnya.

Untuk diketahui, Soenarno lahir di Purwodadi 19 Mei 1942. Dia meraih gelar sarjananya pada tahun 1962 dari Fakultas Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, meraih gelar Dipl HE dari IHE Delft Belanda tahun 1977, lalu meraih Doktor bidang Teknik Sipil dari Columbia Pacific University Amerika Serikat tahun 1982, dan meraih gelar S3 Program Studi Pendidikan Ekonomi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Malang (Universitas Negeri Malang) pada tahun 1985. (zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed